KOMPETISI AFIKS {m-,[ -kan]} DAN {-,[ -in]} DALAM BAHASA INDONESIA: KAJIAN MORFOLOGI

Ulapini, diyah (2023) KOMPETISI AFIKS {m-,[ -kan]} DAN {-,[ -in]} DALAM BAHASA INDONESIA: KAJIAN MORFOLOGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ULAPINIDIYAH (E1C019205).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Ulapinidiyah (Bastrindo).pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetisi afiks {m-,[-kan]} dan {-,[-in]} dalam bahasa Indonesia, yang memfokuskan pada realitas keba morfem afiks {m-, -kan} dan {-, [-in]} yang digunakan oleh penutur bahasa Indonesia dan faktor-faktor yang menyebabkan penggunaan salah satu morfem afiks tersebut lebih dominan dari morfem yang lain. Penelitian ini terhadap bahasa dilakukan dengan menggunakan aspek morfologi, karena tujuan dari morfologi yaitu memahami proses pembentukan kata dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode introspeksi dan metode catat. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode padan intralingual, yaitu metode dengan cara menghubungbandingkan unsur-unsur yang bersifat lingual. Metode penyajian data dalam penelitian ini, yaitu dengan perumusan kata-kata biasa dan perumusan dengan menggunakan lambang-lambang atau simbol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa morfem {-,in} lebih dominan digunakan daripada morfem {m-,kan} dalam penggunaan bahasa indonesia, seperti ngeselin, nyebelin, ngelupain, nyebelin, nyakitin dan lain sebagainya

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Morfologi, Kompetisi Afiks, Bahasa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:20
Last Modified: 21 Jul 2023 03:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41519

Actions (login required)

View Item View Item