Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Dengan Teknik Jigsaw Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra Siswa Kelas VIII-A SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2010/2011

FARNIZA, HELINA (2011) Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Dengan Teknik Jigsaw Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra Siswa Kelas VIII-A SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
revisi skripsi terbaru.docx
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengapresiasi puisi dan sebagian besar siswa memiliki minat belajar yang kurang. Hal inilah yang terjadi pada pembelajaran siswa kelas VIIIA SMPN 18 Mataram yang belum memperlihatkan hasil yang maksimal atau indikator keberhasilan belum tercapai. Permasalahan umum pada penelitian ini yaitu bagaimanakah kemampuan siswa dalam mengapresiasi puisi dengan teknik jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil peningkatan pembelajaran mengapresiasi puisi dengan teknik jisaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi kegiatan pembelajaran prasiklus, rencana tindakan, pelaksanaan, pengamatan tindakan, dan refleksi tindakan. Jenis analisis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang berasal dari guru dan siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data secara deskriftif dengan mengkaji secara mendalam tentang kemampuan siswa kelas VIIIA mengapresiasi puisi dengan teknik jigsaw serta menarik kesimpulan dari data hasil belajar siswa, observasi aktivitas guru, dan observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis setiap siklus, jumlah siswa tuntas baik penilaian angka maupun kategori pada siklus I sebanyak 18 siswa atau 82%, sedangkan pada siklus II sebanyak 21 siswa atau 95%. Ketercapaian siswa pada setiap aspek mengalami peningkatan yaitu: (1) aspek menentukan tema yaitu (1) aspek menentukan tema yaitu 68% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II; (2) aspek menentukan amanat yaitu 84% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II; (3) aspek menentukan gaya bahasa yaitu 89% menjadi 94% pada siklus II; (4) aspek menentukan rima pada siklus I 17% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Nilai rata-rata siswa adalah pada siklus I adalah 71, sedangkan nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 93. Hasil observasi akttivitas siswa pada siklus I, aktivitas positif yang muncul sebanyak 9 atau 69,70% sedangkan pada siklus II sebanyak 11 atau 100%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I, adapun aktivitas positif yang muncul sebanyak 14 atau 86,66% sedangkan pada siklus II sebanyak 15 atau 100%, hal ini menunjukan terjadi peningkatan aktivitas siswa dan guru dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Apresiasi, Puisi, dan Teknik Jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 May 2018 03:08
Last Modified: 23 May 2018 03:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4152

Actions (login required)

View Item View Item