STRATEGI PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KEUNTUNGAN USAHA COFFEE SHOP DI KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Baiq Salma, Oktavia (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KEUNTUNGAN USAHA COFFEE SHOP DI KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Baiq Salma Oktavia_Strategi Pengembangan dan Analisis Keuntungan Usaha Coffee Shop di Kec. Praya Kab. Lombok Tengah_0623.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
J_Baiq Salma Oktavia_Strategi Pengembangan dan Analisis Keuntungan Usaha Coffee Shop di Kec. Praya Kab. Lombok Tengah_0623.pdf

Download (683kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis faktor internal dan faktor eksternal yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman bagi usaha coffee shop di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. (2) merumuskan strategi pengembangan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha coffee shop di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. (3) menganalisis keuntungan usaha coffee shop di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif, Unit analisis penelitian ini adalah usaha coffee shop yang ada di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling atau dilakukan dengan sengaja, dengan pertimbangan bahwa tempat tersebut paling banyak diminati oleh masyarakat berdasarkan observasi yang telah dilakukan. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik accindental sampling yaitu pengambilan sampel secara kebetulan sebanyak 50 sampel konsumen dan 5 pemilik usaha coffee shop. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dan analisis keuntungan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: Faktor internal usaha coffee shop terdiri dari kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness). Kekuatan terdiri dari coffee shop memiliki harga produk terjangkau, memiliki konsep kedai yang menarik, menyediakan berbagai fasilitas penunjang seperti wifi dan toilet, memiliki rasa produk minuman dan makanan yang enak, memiliki tempat yang bersih dan nyaman, memiliki berbagai variasi minuman dan makanan, pelayan coffee shop ramah terhadap pengunjung, memberikan layanan alat pembayaran selain tunai, menghadirkan hiburan pada hari-hari tertentu. Sedangkan kelemahan terdiri dari akun coffee shop memiliki pengikut yang sedikit di media social, memiliki unggahan konten pemasaran yang kurang menarik, Suasana coffee shop yang monoton dan membosankan bagi pelanggan, memiliki lahan yang kurang luas dan terkadang kekurangan tempat untuk pelanggan. Faktor eksternal terdiri dari peluang (opportunity) dan ancaman (threats). Peluang terdiri dari penduduk didaerah semakin banyak, perkembangan ekonomi didaerah semakin membaik setelah pandemic, meningkatkan rasa gengsi pada masyarakat untuk bersantai ditempat coffee shop, semakin banyak mahasiswa yang memanfaatkan coffee shop sebagai tempat untuk mengerjakan tugas atau rapat, meningkatkan kerja sama dengan beberapa UKM setempat popularitas coffee shop dikalangan masyarakat. Sedangkan ancaman terdiri dari harga bahan baku tidak stabil, tingkat persaingan 2 yang tinggi, pengalaman buruk dari konsumen, kompetitor yang lebih kuat. Strategi pengembangan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha coffee shop di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah ialah dengan mengetahui bahwa kondisi usaha berada pada posisi kuadran I yaitu strategi yang dapat diterapkan adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy) atau menggunakan strategi S-O (Strength-Opportunity) dimana strategi S-O yaitu menarik konsumen sebanyak-banyaknya dengan mempertahankan harga, rasa serta keberagaman produk, menjaga kenyamanan pengunjung saat berada di kedai dengan segala ketersediaan fasilitas yang ada, memperluas pemasaran dan meningkatkan kualitas dan kuantitas produk. Keuntungan setiap usaha coffee shop di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah sebesar Rp5.691.493.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi pengembangan, Analisis Keuntungan, Coffee Shop
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:20
Last Modified: 21 Jul 2023 03:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41520

Actions (login required)

View Item View Item