NILAI SOSIAL DALAM NOVEL JILBAB TRAVELER LOVE SPARKS IN KOREA KARYA ASMA NADIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

J U L I, A N I (2023) NILAI SOSIAL DALAM NOVEL JILBAB TRAVELER LOVE SPARKS IN KOREA KARYA ASMA NADIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JULIANI E1C116032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL JULIANI E1C116032.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah bentuk nilai sosial dalam novel Jilbab Traveler Love Sparks In Korea karya Asma Nadia? (2) Bagaimanakah hubungan nilai sosial dalam novel Jilbab Traveler Love Sparks In Korea dengan pembelajaran sastra di SMA?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk nilai sosial dalam novel Jilbab Traveler Love Sparks In Korea karya Asma Nadia dan hubungan dengan pembelajaran di SMA. Metode yang digunakan, yaitu deskriftif kualitatif dengan metode pengumpulan data studi kepustakaan dan tehnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Nilai sosial di bagi menjadi tiga yaitu: Nilai material (penampilan dalam berpakaian dan kerja keras dalam pemenuhan kebutuhan material). Nilai vital (pendidikan, paspor, kamera, dan ransel). Nilai kerohanian dibagi menjai tiga yaitu: nilai kebenaran (Chin Sun ibunya Hyun Geun dan minum alkohol, makan babi haram dalam Islam), nilai keindahan (keindahan souvenir kecil, keindahan sunrise di Sarangkot,dan keindahan pemandangan dari mecusuar), nilai moral (tolong-menolong, rendah hati, kesopanan, saling menghormati, dan peduli dangan sesama), nilai religius (bersedekah, melaksanakan sholat, memakan makanan halal, selalu berdoa, menerima takdir, mengingat allah atau berzikir, mengunakan hijab, dan berbakti kepada orang tua). (2) Hubungannya dengan pembelajaran di SMA pada dasarnya dapat dijadikan sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di SMA pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI semester 1 pada kompetensi dasar (KD) 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel dengan indikator pencapaian yaitu 3.9.1 Menganalisis isi (unsur unsur instrinsik dan ekstrinsik), 3.9.2 Menganlisis kebahasaan (ungkapan, majas, dan pribahasa) novel. Unsur ekstrinsik dalam novel Jilbab Traveler Love Sparks In Korea yang dihubungkan dengan materi pembelajaran sastra di SMA yakni dengan memasukkan novel Jilbab Traveler Love Sparks In Korea untuk memenuhi kompetensi dasar RPP SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Sosial, Novel, pembelajaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:20
Last Modified: 21 Jul 2023 03:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41522

Actions (login required)

View Item View Item