PENERAPAN METODE MEMBACA TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN 3 MATARAM

Rezekiah, Nur (2016) PENERAPAN METODE MEMBACA TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN 3 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI REZEKIAH.pdf

Download (642kB) | Preview

Abstract

rendah ditandai dengan masih banyaknya siswa yang kurang memahami isi bacaan yang dibacanya, selain itu berdasarkan data yang dikumpulkan peneliti, terdapat 40% siswa yang dikategorikan belum lancar membaca. Hal ini disebabkan karena cara mengajar guru yang monoton yaitu dengan cara meminta siswa membaca secara bergiliran dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan. Kondisi ini tentu saja membuat siswa bosan dan siswa tidak mengikuti pelajaran dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini, maka peneliti melakukan upaya perbaikan dengan menerapkan metode membaca terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas III di SDN 3 Mataram. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua silkus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SDN 3 Mataram yang terdiri dari 37 siswa, diantaranya 19 perempuan dan 18 laki-laki. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan teknik tes essay yang dilakukan disetiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa yaitu sebesar 59,86 pada siklus I dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 72,16. Sedangkan data aktivitas guru pada siklus I sebesar 53,33 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 73,33. Selanjutnya, untuk data aktivitas siswa pada siklus I sebesar 61,66 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86,66. Sedangkan presentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 38% menjadi 81% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode membaca terbimbing dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode membaca terbimbing, membaca intensif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 23 May 2018 03:07
Last Modified: 23 May 2018 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4153

Actions (login required)

View Item View Item