RESPON TIONGKOK TERHADAP QUADRILATERAL ALLIANCE DIALOGUE (QUAD) DI KAWASAN ASIA TIMUR

M. TAUFIK, RAHMAN (2023) RESPON TIONGKOK TERHADAP QUADRILATERAL ALLIANCE DIALOGUE (QUAD) DI KAWASAN ASIA TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi M. Taufik Rahman L1A017067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal M. Taufik Rahman L1A017067.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memberikan gambaran terkait dengan Bagaiamana Respon Tiongkok Terhadap Quadrilateral Alliance Dialogue (Quad) Di Kawasan Asia Timur. Karena kerjasama Quad sendiri hadir untuk membendung hegemoni Tiongkok di kawasan Asia Timur. Sehingga hal menimbulkan adanya ancaman bagi Tiongkok. Dari adanya kerjasama keamanan tersebut yang di pelopori oleh Amerika Serikat memiliki anggota yakni Amerika Serikat, Australia dan India. Penelitian ini menggunakan turunan dari teori realisme yakni Balance Of Power untuk menjawab rumusan masalah pada penelitian ini. Setelah melakukan penelitian, maka di dapatkan hasil bahwa kenggotaan Quad membuat Tiongkok memebrikan beberpa respon karena memiliki dampak yang cukup besar bagi Tiongkok sendiri terhadap ekonomi dan kemanannya. Beberpa respon yang di lakukan oleh Tiongkok adalah dengan peningkatan kerjasama keamanan dengan negara Pasifik Selatan, peningkatan kekuatan maritime dan kerjasama dengan aliansi Tiongkok yakni Rusia dan Korea Utara sebaga sebagai bentuk respon dari adanya kerjasama keamanan Quad.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Quad, Balance Of Power, Tiongkok, Amerika Serikat, Ekonomi, Kemanan, Peningkatan Anggran Militer, Rusia, Korea Utara.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:39
Last Modified: 21 Jul 2023 07:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41531

Actions (login required)

View Item View Item