PEMANFAATAN LIMBAH KULIT PISANG KEPOK (Musa acuminate L) SEBAGAI ADSORBEN ARANG AKTIF TERHADAP PENURUNAN EMISI GAS BUANG PADA KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN BAKAR GANDA PERTALITE-BIOGAS

I GEDE YOGI PRATAMA, WIBAWA (2023) PEMANFAATAN LIMBAH KULIT PISANG KEPOK (Musa acuminate L) SEBAGAI ADSORBEN ARANG AKTIF TERHADAP PENURUNAN EMISI GAS BUANG PADA KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN BAKAR GANDA PERTALITE-BIOGAS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir_I Gede Yogi Pratama Wibawa_F1C017038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal-I Gede Yogi Pratama Wibawa.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Peningkatan jumlah kendaraan roda dua berbanding lurus dengan peningkatan pencemaran udara yang dihasilkan dari emisi gas buang kendaraan. Seiring dengan permasalahan tersebut, penelitian kali ini dilakukan untuk mengurangi emisi gas buang dengan menggunakan metode adsorben menggunakan limbah kulit pisang kepok. Selain penggunaan adsorben, peneliti juga memanfaatkan biogas sebagai bahan bakar yang dicampurkan dengan bahan bakar pertalite. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kandungan dari CO, CO2 dan HC dari emisi kendaraan bermotor roda dua pada bahan bakar ganda biogas-pertalite dengan penambahan adsorben. Penelitian ini menggunakan adsorben dari arang kulit pisang kepok dengan aktivasi variasi konsentrasi larutan Ca(OH)2 5%, 8%, dan 11%. Proses pengujian dilakukan dengan memasukkan adsorben dari arang aktif kulit pisang kepok ke dalam saluran gas buang kendaraan bermotor roda dua yaitu motor dengan transmisi manual 125cc dengan bahan bakar pertalite-biogas yang kemudian emisi tersebut akan melewati adsorben. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan adsorben memiliki pengaruh yang signifikan dalam menurunkan emisi gas buang kendaraan bermotor roda dua. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan adsorben dengan variasi 11% merupakan variasi terbaik yang ditunjukkan dengan kemampuan adsorben menyerap kadar CO, CO2, dan HC dengan nilai rata- rata 0,25%, 1,54%, dan 234 ppm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): adsorben, arang aktif, kulit pisang kepok, emisi gas buang, Ca(OH)2
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:00
Last Modified: 21 Jul 2023 08:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41540

Actions (login required)

View Item View Item