PENGARUH LAJU PEMANASAN DAN VARIASI KOMPOSISI LIMBAH PADUAN ALUMINIUM (AL-ALLOY) DENGAN FLY ASH BATUBARA TERHADAP KEKERASAN DAN KEKUATAN TEKAN PRODUK METALURGI SERBUK

Indra, Kurniawan (2023) PENGARUH LAJU PEMANASAN DAN VARIASI KOMPOSISI LIMBAH PADUAN ALUMINIUM (AL-ALLOY) DENGAN FLY ASH BATUBARA TERHADAP KEKERASAN DAN KEKUATAN TEKAN PRODUK METALURGI SERBUK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI _F1C019065_INDRA KURNIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Metode pembuatan komposit yang berkembang pada saat ini yaitu metode metalurgi serbuk karena dapat menggabungkan berbagai sifat material yang berbeda karakteristik, sehingga menjadi sifat yang baru sesuai yang direncanakan. Pada penelitian kali ini pembuatan komposit menggunakan metode metalurgi serbuk dengan menggunakan dua varible penelitian yaitu laju pemanasan dengan variasi temperature meningkat 3 °C/menit, 5 °C/menit, dan 7 °C/menit. Variable kedua yaitu komposisi percampuran dengan variasi komposisi aluminium: fly ash adalah 100%: 0%, 85%:25%, 80%: 20%, dan 75%:25%. Semua spesimen yang telah dibentuk setelah proses kompaksi akan dilakukan proses sintering sesuai dengan laju pemasan yang sudah di tentukan hingga mencapai titik akhir sintering 500 °C. Hasil kekerasan tertinggi pada penelitian kali ini berada pada komposisi Fly Ash 15% dengan laju pemanasan 3 oC/menit dimana nilai kekerasannya sebesar 66,17 HRF, sedangkan untuk nilai kekerasan terendah pada komposisi 0% Fly Ash dengan laju pemanasan 7 oC/menit dimana nilai kekerasannya sebesar 34,84 HRF. Untuk hasil pengujian kekuatan tekan diperoleh nilai tertinggi pada komposisi 15% Fly Ash dengan laju pemanasan 3 oC/menit dimana nilai kekuatan tekannya sebesar 106,78 MPa, sedangkan untuk nilai kekuatan tekan terendah didapat pada komposisi 0% Fly Ash dengan laju pemanasan 7 oC/menit dimana nilai kekuatan tekannya sebesar 42,71 MPa. Dari nilai kekerasan dan kekuatan tekan tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin kecil angka laju pemanasan maka nilai kekerasan dan kekuatan tekan semakin tinggi, dan semakin kecil komposisi pencampuran Fly Ash maka nilai kekerasan dan kekuatan tekan juga akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aluminium, Fly Ash Batubara, Metalurgi Serbuk
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Jul 2023 06:40
Last Modified: 02 Aug 2023 05:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41546

Actions (login required)

View Item View Item