PENERAPAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN ANAK DARI KEKERASAN DI SMAN 9 MATARAM

M. Islahul Imami, Tsani (2023) PENERAPAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN ANAK DARI KEKERASAN DI SMAN 9 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hak asasi setiap warga negara yang dijamin oleh konstitusi guna mengembangkan diri baik di bidang pengetahuan, karakter maupun spiritual. Salah satu wadah untuk mendapatkan manfaat dari pendidikan adalah melalui sekolah. Sekolah menjadi lembaga pendidikan formal yang disediakan oleh pemerintah untuk mendapatkan manfaat dari pendidikan. Akan tetapi dalam pelaksanaannya seringkali terjadi masalah kekerasan terhadap anak yang terjadi di sekolah, untuk itu pemerintah melalui KemenPPPA RI membuat program Sekolah Ramah Anak (SRA) yang difokuskan dalam dunia pendidikan untuk mengatasi masalah kekerasan terhadap anak yang sering terjadi di sekolah. Salah satu sekolah yang berhasil menerapkan program SRA di NTB adalah SMAN 9 Mataram, dibuktikan dengan lulus standarisasi SRA oleh KemenPPPA pada tahun 2022, oleh karena itu dilakukanlah penelitian ini dengan tujuan untuk dapat mengetahui bagaimana penerapan program SRA sebagai upaya perlindungan anak dari kekerasan di SMAN 9 Mataram, dan apa saja faktor yang mempengaruhi penerapan program SRA sebagai upaya perlindungan anak dari kekerasan di SMAN 9 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk dalam jenis penelitian studi kasus, dalam pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian diolah dan dianlisis dengan melakukan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulanuntuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan. Dari penelitian yang sudah dilakukan, diketahui bentuk penerapan program SRA sebagai upaya perlindungan anak dari kekerasan di SMAN 9 Mataram dilakukan melalui dua upaya, yakni upaya pencegahan dan upaya penanganan. Penerapan program SRA di SMAN 9 Mataram juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni yakni faktor SDM (guru, siswa dan orang tua siswa), faktor sarana dan prasarana sekolah, dan faktor finansial. Dapat disimpulkan penerapan program SRA sebagai upaya perlindungan anak dari kekerasan di SMAN 9 Mataram diterapkan dengan mengacu pada pedoman penerapan program SRA dari KemenPPA RI, sehingga SMAN 9 Mataram bisa menerapkan program SRA dengan baik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Anak, Program SRA, SMAN 9 Mataram
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Jul 2023 06:39
Last Modified: 23 Jul 2023 06:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41555

Actions (login required)

View Item View Item