STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH SUDUT CHAMBER DAN SUDUT TOE-IN TERHADAP PERILAKU BELOK MOBIL LISTRIK UNRAM

ALWAN, DERMAWAN (2023) STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH SUDUT CHAMBER DAN SUDUT TOE-IN TERHADAP PERILAKU BELOK MOBIL LISTRIK UNRAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_F1C018076_ALWAN DERMAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam penggunaan kendaraan dibutuhkan kestabilan pada sebuah kendaraan untuk menjaga agar kendaraan tetap aman saat digunakan. Salah satu upauya untuk menjaga stabilitas pada system pengemudian sebuah kendaraan, maka perulu mengatur atau menyetel sudut – sudut pada sebuah roda mobil. Salah satu penyetelan sudut roda mobil yang sering terjadi adalah melakukan penyetelan pada sudut camber dan sudut toe. Hal ini memang perlu dilakukan karena sudut camber dan sudut toe memiliki beberapa fungsi dalam berkendara, seperti meningkatkan system handling pada kendaraan dan menjaga kestabilan kendaraan. Selain itu, hal ini juga mampu mencegah ausnya ban secara berlebihan pada sisi bagian dalam dan luar roda. Tak hanya itu penyetelan sudut camber dan toe mobil juga sangat berpengaruh terhadap system mengemudi pada sebuah kendaraan. Pada penelitian ini menggunakan variasi kecepatan 10 Km/jam, 20 Km/jam dan 30 Km/jam. Pada variasi sudut chamber menggunakan sudut -1°, -0,5°, 0°, 0,5° dan 1° selain itu juga menggunakan variasi sudut toe-in sebesar 0°, 0,5° dan 1°. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh antara kecepatan, sudut chamber dan sudut toe-in terhadap radius belok mobil listrik Unram dengan radius belok rata-rata sebesar 562,6 cm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Radius belok, mobil listrik, stabilitas kendaraan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:32
Last Modified: 24 Jul 2023 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41563

Actions (login required)

View Item View Item