PERENCANAAN DINDING TURAP TIPE SHEET PILE BAJA PADA STA 10+150 RUAS JALAN BYPASS BIL - MANDALIKA

DARMA, TAKSIAH (2023) PERENCANAAN DINDING TURAP TIPE SHEET PILE BAJA PADA STA 10+150 RUAS JALAN BYPASS BIL - MANDALIKA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR DARMATAKSIAH (F1A019037) FIX_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL DARMATAKSIAH (F1A019037) FIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mandalika merupakan kawasan wisata yang terletak di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat dengan luas wilayah 1035,67 hektar. Melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 Mandalika ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Selain itu keindahan alam, saat ini Mandalika juga memiliki Sirkuit Mandalika dimana pada bulan Maret 2022 Sirkuit Mandalika merupan tuan rumah dalam ajang World Superbike (WSBK) yang merupakan ajang kejuaraan internasional. Untuk menunjang hal tersebut tentu saja perlu adanya infrastruktur yang memadai, salah satunya jalan By pass BIL – Mandalika. Kondisi topografi pada beberapa titik ruas jalan By Pass BIL Mandalika yang terdapat beberapa bukit atau cekungan yang mengharuskan adanya galian dan timbunan. Pada beberapa ruas jalan yang dibangun di atas timbunan yang tinggi tentu saja diperlukan perkuatan dinding untuk mencegah terjadinya longsor pada timbunan tersebut. Perencanaan yang diamati adalah pada STA 10+150 dengan timbunan setinggi 6 m. Perkuatan yang digunakan berupa Sheet Pile baja dengan angker. Analisis dilakukan secara manual dan menggunakan bantuan Software Geo5. Analisis menggunakan software Geo 5 menggunakan program Sheeting Design. Analisis dilakukan untuk mengetahui kedalaman penetrasi turap, profil penampang turap, profil angker. Berdasarkan hasil perencanaan, didapatkan kedalaman penetrasi sebesar 4,492 m dengan kedalaman do sebesar 2,99 m pada kondisi tanpa gempa, Sedangkan pada kondisi dengan gempa di dapatkan kedalaman penetrasi turap sebesar 4,778 m dengan kedalaman do sebesar 3,185 m. Profil penampang turap yang digunakan pada kondisi tanpa dan dengan gempa secara berturut turut adalah turap baja tipe III dan tipe IIIW yang dipilih berdasarkan nilai momen maksimum rencana. Profil angker menggunakan tie rod CT01 Grade 450 dengan diameter 48 mm yang dipilih berdasarkan nilai gaya tarik angker rencana. Lokasi pemasangan angker direncanakan berdasarkan tinjauan zona aktif turap tidak memotong bidang longsor blok angker, sehingga diperoleh panjang angker 11 m pada kondisi tanpa gempa dan 12 m pada kondisi dengan gempa dan kedalaman batang angker 2 m. Sedangkan analisis dengan Software Geo 5 tanpa beban gempa kedalaman penetrasi turap sebesar 5,71 m dengan kedalaman do sebesar 2,93 m dan pada analisis menggunakan Software Geo 5 digunakan profil turap dan Panjang batang angker yang sama dengan perhitungan manual yaitu turap baja tipe III dengan panjang batang angker 11 m.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Timbunan, Turap, Sheet Pile Baja, Angker, Software Geo5
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:32
Last Modified: 24 Jul 2023 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41567

Actions (login required)

View Item View Item