PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN BERPAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 4 SURANADI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MEITRI YANTI, I GUSTI AYU (2016) PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN BERPAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 4 SURANADI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL PDF.pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 4 Suranadi. Hal ini disebabkan guru jarang menggunakan media atau alat peraga dalam pembelajaran khususnya pelajaran Matematika, guru juga terlihat mendominasi proses pembelajaran sehingga siswa hanya mendengar informasi dari guru saja. Hal ini yang membuat siswa kurang aktif dan kurang termotivasi dalam belajar. Berdasarkan masalah tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Bagaimanakah penggunaan alat peraga papan berpaku untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 4 Suranadi Tahun Ajaran 2015/2016”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menggunakan alat peraga papan berpaku pada siswa kelas III SDN 4 Suranadi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan,tindakan, observasi dan refleksi, yang berlangsung selama 2 siklus. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa diperoleh data penggunaan alat peraga papan berpaku memiliki rata-rata skor 14 dengan kategori baik dan dengan ketuntasan klasikal sebesar 63,89%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I belum mencapai target yang diinginkan sehingga dilakukan penelitian siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II yaitu hasil dari penggunaan alat peraga papan berpaku memperoleh skor 17,75 dengan kategori sangat baik. Dan hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan klasikal 86,11%. Hasil belajar matematika meningkat juga terbukti dengan hasil uji gain ternormalisasi dari hasil pretest (pra-tindakan= 66,11) dan post-test (siklus 2= 77,22) sebesar 0,330 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa penggunaan alat peraga papan berpaku dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 4 Suranadi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar matematika, Alat peraga papan berpaku
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 23 May 2018 03:05
Last Modified: 23 May 2018 03:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4157

Actions (login required)

View Item View Item