ANALISIS KONDISI GELOMBANG PANJANG DI KOLAM PELABUHAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR Long Wave Conditions Analysis In The Turning Basin Of Labuhan Haji Harbour East Lombok Regency

ALDY, ARIFANDI (2023) ANALISIS KONDISI GELOMBANG PANJANG DI KOLAM PELABUHAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR Long Wave Conditions Analysis In The Turning Basin Of Labuhan Haji Harbour East Lombok Regency. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR- ALDY ARIFANDI (F1A018008).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH - ALDY ARIFANDI (F1A018008).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelabuhan merupakan prasarana transportasi parairan yang perannya sangat penting di tengah padatnya aktivitas perairan saat ini, baik itu berupa aktivitas bongkarmuat barang hingga pelayanan penyeberangan penumpang dengan menggunakan kapal. Semua aktivitas tersebut tentunya harus didukung dengan keamanan dan kenyamanan kapal dalam berlabuh hingga bertambat di area pelabuhan, sehingga sudah menjadi suatu keharusan bagi area pelabuhan agar terhindar dan terlindungi dari berbagai gangguan, khususnya gangguan gelombang panjang atau Alun. Gelombang panjang terbentuk akibat tiupan angin dan mampu terbentuk hampir sepanjang waktu di suatu perairan, sehingga pada kondisi paling ekstrem mampu menimbulkan gangguan bagi aktivitas kapal dan merusak fasilitas perairan di area pelabuhan. Sebagaimana yang terjadi di Pelabuhan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur, rusaknya berbagai fasilitas perairan hingga karamnya kapal di area kolam labuh semakin menguatkan bahwa pada lokasi ini masih terganggu oleh rambatan gelombang panjang. Analisis kondisi gelombang panjang di Kolam Pelabuhan Labuhan Haji ini sangat diperlukan guna mengetahui karakteristik gelombang pada lokasi secara lebih spesifik. Analisis ini dilakukan dengan metode simulasi pemodelan numerik menggunakan program COMCOT v1.7 dengan memanfaatkan data-data lapangan berupa data batimetri dan topografi, serta data gelombang di perairan setempat. Berdasarkan simulasi program COMCOT ini didapatkan rambatan gelombang yang masih mampu merambat ke area kolam labuh dan dapat menjangkau area dermaga pelabuhan. Serta didapatkan rata-rata ketinggian gelombang mencapai 0,5 meter pada kondisi sebelum pengerukan kolam labuh, dan ketinggian gelombang mencapai 0,7 meter di area dermaga pelabuhan setelah dilakukan pengerukan kolam labuh. Dari ketinggian gelombang yang didapatkan, terlihat faktor pengerukan kolam labuh mampu meningkatkan tinggi gelombang pada lokasi hingga melebihi syarat maksimum ketinggian gelombang pada area dermaga pelabuhan sesuai spesifikasi kapal pada lokasi yakni ketinggian gelombang maksimum 0,6 meter.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gelombang Panjang, Labuhan Haji, Pelabuhan, Pemodelan Numerik.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:32
Last Modified: 24 Jul 2023 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41570

Actions (login required)

View Item View Item