ANAK PECANDU GAME ONLINE (STUDI KASUS DI KELURAHAN SURYAWANGI KECAMATAN LABUHAN HAJI LOMBOK TIMUR)

HUSNI, ADI (2023) ANAK PECANDU GAME ONLINE (STUDI KASUS DI KELURAHAN SURYAWANGI KECAMATAN LABUHAN HAJI LOMBOK TIMUR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HUSNIADI (E1S016029).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNALHusniadi_(E1S016029).pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui faktor penyebab anak kecanduan game online di kelurahan Suryawangi kecamatan Labuhan Haji; 2) Mengetahui pola penanganan orang tua mengatasi kecanduan game online pada anak di kelurahan Suryawangi kecamatan Labuhan Haji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Jenis data dalam penelitin ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sumber data dalam penelitian ini adalah subjek dan informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan: 1) Faktor penyebab kecanduan game online yaitu: a. Faktor lingkungan sosial meliputi teman yang datang ke rumahnya untuk bermain game bersama, diberikan fasilitas oleh orang tua berupa Smartphone dan WIFI yang dipasangkan di rumahnya, tersedianya koneksi internet, mengikuti video yang ditonton pada aplikasi Youtube, orang tua yang bercerai, bermain bersama teman virtual, kurangnya kegiatan di luar rumah, menemukan halhal baru di dalam game, menyelesaikan misi di dalam game, mendapatkan hadiah dalam game, kebebasan menggunakan smartphone dan banyaknya fitur-fitur dalam game. b) Faktor psikologis meliputi perasaan senang ketika bermain, Bosan, gelisah, keinginan untuk menyelesaikan level dan rasa tertantang untuk menyelesaikan level. Pola penanganan orang tua mengatasi anak kecanduan game online di Kelurahan Suryawangi Kecamatan Labuhan Haji adalah represif meliputi Menyita Hp (smartphone) yang digunakan. Pengendalian persuasif meliputi Menasihati, Menegur agar berhenti bermain, Menjanjikan pergi jalan-jalan dan beli jajan, memberikan hadiah apabila mematuhi orang tua. Pengendalian koersif meliputi mengancam untuk di adukan ke orang yang di takuti, memarahi, membentak dan mengomeli. dan pengendalian kuratif meliputi, memanggil dan menatap terus menerus sampai berhenti bermain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Anak, Pecandu, Game Online
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:22
Last Modified: 24 Jul 2023 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41572

Actions (login required)

View Item View Item