PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH DENGAN GEOFORCE SEGMENTAL RETAINING WALL PADA RUAS JALAN BYPASS BANDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID (BIZAM) – MANDALIKA Design of a Soil Retaining Wall with Geoforce Segmental Retaining Wall on the Bypass Road of Zainudddin Abdul Madjid International Airport (BIZAM) – Mandalika

ANDREAS HELIE, PRATAMA (2023) PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH DENGAN GEOFORCE SEGMENTAL RETAINING WALL PADA RUAS JALAN BYPASS BANDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID (BIZAM) – MANDALIKA Design of a Soil Retaining Wall with Geoforce Segmental Retaining Wall on the Bypass Road of Zainudddin Abdul Madjid International Airport (BIZAM) – Mandalika. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH TUGAS AKHIR_ANDREAS HELIE PRATAMA_F1A019013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH ANDREAS HELIE PRATAMA (F1A019013).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mandalika adalah kawasan wisata seluas 20,035 hektar yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sejak 2017, Mandalika sudah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomis Khsusus (KEK) pariwisata yang direncanakan menjadi kawasan pariwisata. Mandalika merupakan kawasan pariwisata yang mendunia, yang menjadi tempat pergelaran event internasional yaitu MotoGP dan WSBK (World Superbike). Untuk mendukung event internasional tersebut maka perlu dibangun fasilitas sarana dan prasarana penunjang, salah satunya adalah Jalan ByPass BIZAM – Mandalika yang merupakan jalan sepanjang 17,36 kilometer menghubungkan antara BIZAM dengan kawasan wisata Mandalika. Keadaan topografi tanah pada kawasan pembangunan jalan Bypass BIZAM – Mandalika terdapat banyak bukit dan lereng sehingga terdapat banyak galian dan timbunan dalam proses konstruksi jalan tersebut. Perencanaan yang diamati adalah pada STA 10+150. Perkuatan yang digunakan berupa dinding penahan diperkuat geotekstil. Data yang digunakan dalam analisis merupakan data sekunder proyek perencanaan jalan BIZAM – Mandalika. Analisis dilakukan secara manual dan menggunakan bantuan software Geo5. Berdasarkan hasil manual dan bantuan software Geo5, didapatkan Kedalaman dm (penetrasi) dinding yang tertimbun dalam tanah sebesar 0.72 m. Panel blok beton berukuran 0.72m × 0.75 m, dengan tinggi dinding penahan tanah setinggi 7.2 m. Perkuatan geotekstil menggunakan tipe strip dengan lebar 9 mm, dimana panjang perkuatan 6 m yang terdiri dari 10 lapisan dengan jarak spasi setiap perkuatan dengan 0.72 m. Nilai tegangan izin sebesar 87.2 kN/m2 . Nilai safety factor untuk stabilitas eksternal dan stabilitas internal, dinyatakan aman dihitung dengan manual ataupun dengan software GEO5.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Timbunan, Dinding Diperkuat, Geotekstil, Software Geo5
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:22
Last Modified: 24 Jul 2023 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41574

Actions (login required)

View Item View Item