STRATEGI KOMUNIKASI MUSEUM NUSA TENGGARA BARAT DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG

SORAYA, KARTIKA (2023) STRATEGI KOMUNIKASI MUSEUM NUSA TENGGARA BARAT DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SORAYA KARTIKA L1B016082 BURN CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Soraya Kartika - L1B016082.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Museum Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan museum terbesar di Nusa Tenggara Barat dan menjadi objek wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun mancanegara. Namun seiring berjalannya waktu, dengan semakin berkembangnya objek wisata yang ada di NTB menyebabkan museum mulai ditinggalkan. Masalah ini juga dialami oleh Museum NTB tetapi Museum NTB dapat memperbaiki citra museum dari tahun- tahun sebelumnya, sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke museum kembali. Penelitian ini bertujuam untuk mengetahui strategi komunikasi Museum Nusa Tenggara Barat dalam meningkatkan minat pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada 5 strategi komunikasi yang dilakukan Museum NTB dalam meningkatkan minat pengunjung. Pertama strategi Attention yaitu menarik perhatian masyarakat, dalam hal ini Museum NTB melakukan dengan cara publikasi. Kedua strategi Interest atau menarik minat masyarakat yang dilakukan dengan cara membangun media promosi yang baik oleh Museum NTB. Ketiga strategi Desire atau meningkatkan keinginan, Museum NTB mengadakan program Sahabat Museum sebagai pendamping pengunjung dan siap melayani pengunjung agar keinginan untuk tetap datang ke museum selalu ada dan kebutuhan informasi pengunjung terpenuhi. Keempat yakni Museum NTB menetapkan target sasaran (pengunjung) siswa agar lebih mudah menjadi tujuan prioritas bagi para pengunjung dan yang kelima strategi Action atau aksi untuk memudahkan tujuan peningkatan pengunjung tercapai, dalam hal ini Museum NTB melakukan kerjasama dengan Dinas dan organisasi lainnya

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Komunikasi, Museum, dan Minat Pengunjung
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:41
Last Modified: 25 Jul 2023 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41579

Actions (login required)

View Item View Item