PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AP PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMK PARIWISATA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sari, Desak Devi Vanesa Tunjung (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AP PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMK PARIWISATA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa kelas X AP SMK Pariwisata Mataram melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan melalui dua siklus. Setia siklus terdiri dari 4 tahap yang saling berkaitan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan/ observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, jumlah deskriptor model pembelajaran Think Pair Shar sebagai variabel tindakan yang muncul yaitu 24 deskriptor (80%). Selanjutnya, siswa yang mencapai indikator sikap kerjasama siswa yang merupakan variabel harapan yaitu 23 siswa berkategori baik dan hasil belajar siswa sejumlah 19 sisw (76%). Sedangkan pada siklus II, variabel tindakan yang muncul sebanyak 2 deskriptor (96,7%). Siswa yang mencapai indikator kinerja sikap kerjasama sisw sebagai variabel harapan berkategori sangat baik dan hasil belajar siswa sejumla 23 siswa (92%). Dengan demikian, indikator kinerja variabel tindakan dan variabel harapan telah tercapai pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sikap Kerjasama Siswa, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Think Pair Share.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 23 May 2018 03:05
Last Modified: 23 May 2018 03:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4159

Actions (login required)

View Item View Item