WACANA PARIWISATA BERKELANJUTAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA DALAM AKUN FACEBOOK GUBERNUR NUSA TENGGARA BARAT SELAMA MOTOGP LOMBOK 2022

Sulastri, Pibrianti (2023) WACANA PARIWISATA BERKELANJUTAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA DALAM AKUN FACEBOOK GUBERNUR NUSA TENGGARA BARAT SELAMA MOTOGP LOMBOK 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SULASTRI PIBRIANTI L1B019112.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI SULASTRI.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Nusa Tenggara Barat adalah salah satu proyek besar pembangunan berkelanjutan dengan konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan. Pembangunan dan penyelenggaraan sirkuit MotoGP di KEK Mandalika membuat Gubernur Nusa Tenggara Barat menaruh perhatian khusus yang disampaikan melalui wacana di sosial media Facebook miliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kewacanaan tentang pariwisata berkelanjutan dalam unggahan Gubernur NTB di media sosial Facebook terkait perhelatan MotoGP tahun 2022 di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis wacana Van Dijk yang meliputi proses analisis teks, analisis kognisi sosial, dan analisis konteks sosial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diketahui bahwa Lima wacana yang disampaikan Gubernur NTB di akun Facebooknya selama masa perhelatan MotoGP melalui analisis teks dan kognisi sosial dapat diketahui fokus wacana hanya pada peningkatan nilai perekonomian saja dan tidak mewacanakan terkait pariwisata berkelanjutan secara keseluruhan, sedangkan pada level konteks sosial masyarakat menilai Gubernur hanya berfokus pada peningkatan nilai perekonomian tanpa mewacanakan permasalahan sosial lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pariwisata Berkelanjutan, Wacana
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:41
Last Modified: 25 Jul 2023 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41603

Actions (login required)

View Item View Item