RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGAJUAN TAKSASI AGUNAN MANAJEMEN RISIKO BISNIS PADA BANK ABC

Dewi Cahyanti, Aprilia (2023) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGAJUAN TAKSASI AGUNAN MANAJEMEN RISIKO BISNIS PADA BANK ABC. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA 2 DEWI CAHYANTI APRILIA - F1D019018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL TA DEWI CAHYANTI APRILIA - F1D019018.pdf

Download (987kB) | Preview

Abstract

Lembaga keuangan merupakan instrument penting dalam menunjang pembangunan nasional yang berfungsi sebagai financial intermediation dari pihak yang membutuhkan dana. Kegiatan bank pada dasarnya untuk mendapatkan profit tidak jarang memiliki risiko wanprestasi. Risiko ini mampu dihadapi dengan adanya jaminan atau agunan berupa barang bernilai atau non-barang sebagai instrument pengikat nasabah. Bank memiliki layanan agunan yang dikelola oleh Manajemen Risiko Bisnis dalam melakukan pencatatan data agunan secara konvensional menggunakan excel oleh analis. Analis akan meng-input data, dicetak dan diserahkan kepada supervisor guna approval secara manual. Human error kerap dihadapi dikarenakan jumlah data yang besar. Pencarian data juga tergolong sulit karena excel tidak menyimpan agunan nasabah yang telah melalui approval maupun rejection. Approval atau rejection sulit dilakukan karena data hanya dapat diakses secara lokal dan harus dilakukan update secara berkala. Penelitian ini merancang aplikasi berbasis website guna access mobility yang mudah dengan bahasa pemrograman PHP dan framework laravel dan model pengembangan sistem Waterfall. Pengujian fungsionalitas fitur menggunakan metode black box testing berjalan dengan baik tanpa adanya error dan hasil pengujian Mean Opinion Scores (MOS) untuk mengukur kualitas kinerja sistem menghasilkan rata-rata persentase sebesar 95,69%. Sehingga Sistem Informasi Taksasi Agunan Manajemen Risiko Bisnis pada Bank ABC layak dan dapat untuk digunakan serta diselesaikan sesuai jadwal yang direncanakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Taksasi Agunan, Sistem Informasi, Waterfall, Laravel, Black Box Testing dan Mean Opinion Scores (MOS)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:41
Last Modified: 25 Jul 2023 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41606

Actions (login required)

View Item View Item