ANALISIS KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH DESA TERHADAP MASYARAKAT PENDATANG DI DESA SEKAROH KECAMATAN JEROWARU LOMBOK TIMUR

ROHYATUL, AZMI (2023) ANALISIS KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH DESA TERHADAP MASYARAKAT PENDATANG DI DESA SEKAROH KECAMATAN JEROWARU LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ROHYATUL AZMI (L1B016074).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ROHYATUL AZMI (L1B016074).pdf

Download (657kB) | Preview

Abstract

Keberagaman kelompok dalam suatu masyarakat juga dapat menghasilkan miskomunikasi yang menjadi halangan berinteraksi antara pemerintah desa dengan masyarakat pendatang. Kegiatan dalam pelayanan publik untuk masyarakat pendatang tidak jarang menerima pelayanan yang kurang bersahabat dan masalah biaya/jasa untuk mengurus pembuatan surat oleh masyarakat yang tidak jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik, tantangan dan peluang implementasi komunikasi pelayanan publik pemerintah desa terhadap masyarakat pendatang di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deksriptif. Data diambil dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian danta dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa, adanya masyarakat pendatang yang besal dari berbagai daerah di desa Sekaroh menyebabkan karakteristik dari masyarakat berbeda-beda. Oleh karena itu pendekatan pemerintah desa kepada masyarakat untuk menghilangkan kesalahpahaman atau kurangnya informasi, diterapkan melalui musyawarah atau pertemuan bulanan yang melibatkan semua masyarakat baik masyarakat transmigrasi maupun masyarakat setempat. Dalam praktik pelayanan publik, dilakukan melalui media elektronik (Whatsapp). dan secara tatap muka langsung untuk kegiatan pelayanan dikantor desa Sekaroh.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komunikasi Pelayanan Publik, Pelayanan Publik, Masyarakat Pendatang
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:41
Last Modified: 25 Jul 2023 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41615

Actions (login required)

View Item View Item