PENGARUH FLY ASH SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN, KUAT GESER DAN KUAT LEKAT TULANGAN (BOND STRENGTH) PADA BETON NORMAL The Influence of Fly Ash as a Partial Substitution of Cement to the Compressive Strength, Shear Strength and Bond Strength of Steel Reinforcement on the Normal Concrete

ALIF, FEBRIANTO (2023) PENGARUH FLY ASH SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN, KUAT GESER DAN KUAT LEKAT TULANGAN (BOND STRENGTH) PADA BETON NORMAL The Influence of Fly Ash as a Partial Substitution of Cement to the Compressive Strength, Shear Strength and Bond Strength of Steel Reinforcement on the Normal Concrete. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2-Makalah Skripsi Tugas Akhir Alif Febrianto F1A016010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
1-Artikel Skripsi Tugas Akhir Alif Febrianto F1A016010.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Abu terbang (fly ash) merupakan limbah hasil dari pembakaran batu bara pada PLTU yang termasuk dalam kategori limbah B3 menurut PP nomor 101 tahun 2014 tentang pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun sebelum peraturan tersebut dicabut pada PP nomor 22 tahun 2021 tentang penyelenggaraan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Abu terbang (fly ash) memiliki butiran yang cukup halus yaitu lolos ayakan No. 325 serta memiliki sifat sementisius yang dapat digunakan sebagai pengganti sebagian semen untuk mengikat bahan material pada pembuatan beton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variasi abu terbang (fly ash) sebagai pengganti sebagian semen terhadap kuat tekan, kuat geser dan kuat lekat tulangan pada beton normal. Benda uji yang digunakan pada penelitian ini berupa silinder dengan diameter 15 cm serta tinggi 30 cm untuk pengujian kuat tekan, benda uji double-L dengan ukuran 30cm x 20cm x 7,5cm untuk pengujian kuat geser, dan benda uji berbentuk silinder dengan diameter 20cm dan tinggi 30cm dilengkapi dengan baja polos berukuran 10mm sebagai angker untuk pengujian kuat lekat beton. Jumlah benda uji yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 3 benda uji pada setiap variasi yang digunakan sebagai penyusun beton untuk setiap pengujian yang dilakukan, total benda uji yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 54 benda uji. Adapun variasi abu terbang (fly ash) yang digunakan pada penelitian ini adalah 0%, 5%, 10%, 15%, 20% dan 30% abu terbang (fly ash) sebagai pengganti dari sebagian semen sebagai penyusun beton normal. Dari hasil setiap pengujian yang telah dilakukan dapat diperoleh nilai dari kuat tekan maksimum dari penggunaan fly ash sebagai pengganti sebagian semen didapatkan pada variasi 5% yaitu sebesar 23,12 MPa sedangkan kuat tekan tanpa adanya variasi fly ash dapat menghasilkan nilai kuat tekan yang lebih tinggi yaitu 29,72 MPa. Untuk kuat geser maksimum yg diperoleh terdapat pada variasi 5% yaitu sebesar 6,42 MPa, hasil yang didapatkan lebih besar dari kuat geser tanpa adanya variasi fly ash yaitu sebesar 6,17 MPa. Untuk kuat lekat maksimum diperoleh pada variasi 15% yaitu sebesar 3,48 MPa, hasil yang didapatkan lebih besar dari kuat lekat tanpa adanya variasi fly ash yaitu sebesar 3,31 MPa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Abu Terbang, Beton Normal, Kuat Tekan, Kuat Geser dan Kuat Lekat.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:41
Last Modified: 25 Jul 2023 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41619

Actions (login required)

View Item View Item