RANCANG BANGUN APLIKASI PENGELOLAAN KEUANGAN USAHA JASA PADA BUM DESA DI KEK MANDALIKA BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: DESA KUTA)

Sri, Anggraini (2023) RANCANG BANGUN APLIKASI PENGELOLAAN KEUANGAN USAHA JASA PADA BUM DESA DI KEK MANDALIKA BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: DESA KUTA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN TUGAS AKHIR - F1D019101 - SRI ANGGRAINI - TEKNIK INFORMATIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL TUGAS AKHIR - F1D019101 - SRI ANGGRAINI - TEKNIK INFORMATIKA.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Image
POSTER TUGAS AKHIR - F1D019101 - SRI ANGGRAINI - TEKNIK INFORMATIKA.png

Download (1MB) | Preview

Abstract

BUMDes adalah badan usaha milik desa yang dibentuk oleh pemerintah desa yang kepemilikan modal dan pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah desa dan masyarakat. Pembentukan BUMDes dimaksudkan untuk mendorong potensi ekonomi desa dalam meningkatkan pendapatan desa dan masyarakat. Berdasarkan hasil Focus Group Discussion permasalahan yang terjadi saat ini di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika khususnya BUMDes Kuta yaitu memiliki hambatan dalam membuat laporan keuangan hal ini dikarenakan pengelolaan keuangan masih dilakukan secara konvensional dimana pencatatan masih menggunakan buku dan Microsoft Excel, meskipun sudah memiliki aplikasi pengelolaan keuangan namun aplikasi tersebut memiliki alur yang sulit untuk dipahami dan juga aplikasi tersebut belum dapat mengikuti layar smartphone milik pengelola sehingga pengelola BUMDes kembali menggunakan cara konvensional. Selain itu BUMDes Kuta kekurangan sumber daya yang paham akan konsep dasar akuntansi dalam membuat laporan keuangan dan perhitungan tarif biaya pun masih menggunakan kalkulator sehingga proses pembuatan laporan keuangan menjadi cukup lama. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti akan merancang dan membangun aplikasi pengelolaan keuangan berbasis website menggunakan metode xtreme Programming (XP) yang dilakukan dalam dua iterasi dengan MySQL sebagai penyimpanan Database. Untuk tahap pengujian digunakan metode Blackbox Testing dan User Acceptance Testing (UAT). Adapun hasil untuk pengujian menggunakan Blackbox mengenai fiturfitur pada sistem sudah berjalan dengan baik tanpa error. Sedangkan pengujian menggunakan UAT hasil rata-rata yang didapatkan dengan jumlah responden sebanyak 5 orang yaitu 80.6%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): BUMDES, Extreme Programming, MySQL, Blackbox Testing, User Acceptance Testing
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:41
Last Modified: 25 Jul 2023 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41621

Actions (login required)

View Item View Item