RESPON PERTUMBUHAN STEK BATANG TANAMAN TEBU (Saccharum officinarum L.) PADA BERBAGAI WAKTU PERENDAMAN DENGAN EKSTRAK BAWANG MERAH DI PULAU IHEYA PREFEKTUR OKINAWA

Nurlaela Azlina, Ikhsan (2023) RESPON PERTUMBUHAN STEK BATANG TANAMAN TEBU (Saccharum officinarum L.) PADA BERBAGAI WAKTU PERENDAMAN DENGAN EKSTRAK BAWANG MERAH DI PULAU IHEYA PREFEKTUR OKINAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi-Nurlaela-C1M019121.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
jurnal_Nurlaela_2023.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama perendaman ekstrak bawang merah sebagai zat pengatur tumbuh (ZPT) alami terhadap pertumbuhan stek batang tebu. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) non faktorial. Data dianalisis dengan Analysis of Variance (Anova) dan uji berganda Duncan (DMRT) pada taraf nyata 5% menggunakan Statistical Package for The Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata jumlah pertumbuhan pada setiap parameter cenderung meningkat mengikuti peningkatan lama perendaman. Perendaman stek batang tebu dengan ekstrak bawang merah dapat menyebabkan pertumbuhan lebih baik. Pertumbuhan terbaik diperoleh pada perendaman dengan ekstrak bawang merah selama 4 jam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): tebu; pengaruh; ekstrak; perendaman
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:42
Last Modified: 25 Jul 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41634

Actions (login required)

View Item View Item