ANALISIS EFEKTIVITAS METODE GRAVITY-FED FILTERING SYSTEM PADA PENGOLAHAN KUALITAS AIR DI DESA PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Nora Dwy, Sakila (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS METODE GRAVITY-FED FILTERING SYSTEM PADA PENGOLAHAN KUALITAS AIR DI DESA PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NORA DWY SAKILA -F1A016123-TA-PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah-NORA DWY SAKILA-F1A016123-PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Air merupakan unsur yang sangat esensial bagi kelangsungan hidup semua makhluk hidup termasuk manusia. Pemenuhan kebutuhan akan air haruslah memenuhi dua syarat, yaitu kuantitas dan kualitas. Di Desa Pringgabaya, Dusun Ketapang Kabupaten Lombok Timur. Masyrakat menggunakan air sumur yang keadaan airnya berwarna kuning keemasan, sedikit keruh karena debu, lumut dan juga sampah dari pepohonan yang jatuh di sekitar sumur, air juga akan terasa asin pada situasi tertentu yaitu pada saat muka air sumur naik dan pada saat muka air sumur turun saya melakukan penelitian ini pada saat musim hujan dan mengambil dua kali sampel pada saat muka air naik karena beberapa hari hujan lebat sehingga muka airnya naik dan pada saat muka air sumurnya turun karena beberapa hari tidak turun hujan atau hujannya tidak terlalu lebat atau deras, namun ada juga sumur yang tetap terasa asin baik pada saat muka air sumurnya naik atau turun. Sehingga kondisi ini menyebabakan sumber atau air sumur yang ada di Desa Pringgabaya belum memenuhi standar untuk air bersih. Sehingga diperlukan adanya suatu metode yang efektif dalam mengatasi keadaan air baku yang belum layak yang dipergunakan di Desa Pringgabaya, Dusun Ketapang pada saat sekarang ini. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan perlakuan menggunakan metode penyaringan Gravity-fed Filtering System dengan ketebalan pasir pada masing-masing tabung filtrasi sebesar pasir 35 cm, kerikil 10 cm, tempurung kelapa 15 cm dan ijuk 35 cm. Kemudian dilakukan penyaringan, perhitungan kecepatan air melewati saringan dan pemeriksaan debit air. Kemudian dilakukan pemeriksaan kadar air di Laboratorium sebelum dan sesudah penggunaan penyaringan Gravity-fed Filtering system penelitian dilakukan sebanyak dua kali, dikarenakan pada pengujian pertama air sampel tidak sesuai diaknosa awal yaitu keterangan masyarakat yang mengatakan air di desa Pringgabaya, Dusun Ketapang adalah air payau atau air sumur yang terkontaminasi air laut. Hasil penelitian pertama menunjukkan bahwa air baku yang terdapat di lingkungan Desa Pringgabaya, Dusun Ketapang memenuhi standar air bersih dimana dari hasil penelitian di Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Mataram, NTB. Sehingga di lakukan pengujian kedua sampel di ambil di lokasi yang sama namun dalam waktu yang berbeda. Pada pengujian kedua ini terdapat nilai kandungan air yang melewati batas nilai rujukan maksimal. Syarat fisika yaitu kesadahan 510 mg/L nilai maksimal 500 mgl/L berdasarkan peraturan Permenkes No 416 / Menke s/PER/IX/1990. Dengan metode ini mampu menurunkan kesadahan hingga 107 mg/L. Namun pada parameter lainnya seperti pH, salinitas, kesadahan, TDS, warna dan kekeruhan pada pengujian pertama mampu menurunkan semua kadar parameternya walaupun tidak terlalu signifikan. Namun pada pengujian kedua metode Gravity-fed Filtering System hanya mampu menurunkan nilai parameter dari kesadahanya saja. Menghasilkan debit 0,00009734 m3 /detik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Gravity-Fed Filtering System, , Air Sumur payau, Air Bersih, Batuan Zeolit, Larutan NaOH 2M.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:42
Last Modified: 25 Jul 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41642

Actions (login required)

View Item View Item