SISTEM INFORMASI COACHING FITUR LAPORAN OBSERVASI HARIAN PESERTA DIDIK PADA PONDOK PESANTREN ALAM SAYANG IBU

Alfat Gali, Rabbani (2023) SISTEM INFORMASI COACHING FITUR LAPORAN OBSERVASI HARIAN PESERTA DIDIK PADA PONDOK PESANTREN ALAM SAYANG IBU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR_Alfat Gali Rabbani_F1D018004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_Alfat Gali Rabbani_F1D018004.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
POSTER_Alfat Gali Rabbani_F1D018004.pdf

Download (868kB) | Preview

Abstract

Sistem informasi coaching untuk laporan observasi harian peserta didik pada Pondok Pesantren Alam Sayang Ibu (PAMSI) merupakan sistem informasi yang dibangun untuk mempermudah tugas coach pada PAMSI untuk membentuk laporan coaching. Laporan coaching dibentuk dari kumpulan data-data laporan keaktifan, catatan observasi, observasi individu dan student jurnal. Pada penelitian ini menjelaskan bagian dalam membangun fitur observasi harian peserta didik. Sistem informasi ini dibangun berbasis website dengan menggunakan metode extreme programming (XP). Sistem informasi ini terdiri dari dua iterasi dengan waktu pengerjaan selama 42 hari. Dengan metode pengujian menggunakan black box testing dan user acceptance test. Metode black box testing ini bertujuan untuk menguji setiap fitur yang terdapat pada sistem informasi yang telah dibangun. Hasil pengujian yang dilakukan dengan metode black box testing. didapatkan hasil bahwa semua fitur yang telah dibangun dapat berjalan dengan lancar. Dan metode user acceptance test dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang akan diberikan kepada pihak PAMSI, kuesioner yang diberikan memiliki pertanyaan yang berbeda-beda sesuai dengan jabatan dari responden yang mengisi. Kuesioner yang diberikan ke pihak dengan jabatan sebagai admin berisi 9 pertanyaan dengan 2 pertanyaan bernilai negatif dan 7 pertanyaan bernilai positif dengan jumlah responden sebanyak 4 orang dan didapatkan persentase hasil rata-rata senilai 75%, kuesioner yang diberikan kepada pihak dengan jabatan sebagai coach berisi 8 pertanyaan dengan 2 pertanyaan negatif dan 6 pertanyaan dan jumlah responden 5 orang dan didapatkan persentase hasil rata-rata 85,5% dan yang terakhir diberikan kepada wali berisi 7 pertanyaan dengan 2 pertanyaan bernilai negative dan 5 pertanyaan bernilai positif diberikan kepada 4 responden dan didapatkan hasil persentase rata-rata senilai 79,2%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun sudah cukup baik berjalan dan membantu tugas coach dalam membentuk laporan coaching.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sistem Informasi, website, coaching, extreme programming, black box testing, user acceptance test
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:42
Last Modified: 25 Jul 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41648

Actions (login required)

View Item View Item