KERAGAMAN DAN PREDIKSI KEHILANGAN HASIL KEDELAI (Glycine max L. Merrill.) AKIBAT KOMPETISI GULMA TEKI DAN RUMPUTRUMPUTAN DI LAHAN KERING

Herni, Hariani (2023) KERAGAMAN DAN PREDIKSI KEHILANGAN HASIL KEDELAI (Glycine max L. Merrill.) AKIBAT KOMPETISI GULMA TEKI DAN RUMPUTRUMPUTAN DI LAHAN KERING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HERNI HARIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
jurnal Herni hariani C1M016057.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman, karakteristik dan mengetahui gulma teki dan rumput – rumputan yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kemampuannya menurunkan hasil bobot kering tanaman kedelai (glycine max L merill), di lahan sawah setelah tanam padi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan Teknik survey. Peletakan petak sampel dilakukan secara sistematik random sampling. Petak-petak sampel diletakkan pada 5 titik yang berbeda dengan ukuran 1 m x 1 m. Spesies gulma yang ditemukan pada setiap petak sampel melalui pengamatan secara visual populasinya dihitung dan masing-masing spesies didokumentasikan untuk proses identifikasi lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ditemukan sebanyak 2 spesies gulma teki yaitu Cyperus Rotondus (L.), Cyperus iria L dan 8 spesies rumput-rumputan (Poaceae) yaitu Axonopus compressus Swartz., Digitaria sp., Paspalum vaginatum L. Swartz., Cynodon dactylon L., Eleusine indica Gaertn., Paspalum vaginatum Sw., Brachiaria reptans L. Gardner dan Echinochloa colonum L. Link. pada tanaman kedelai saat berumur 20 – 80 HST.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kedelai, gulma, kehilangan hasil, kompetisi, spesies.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:42
Last Modified: 25 Jul 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41653

Actions (login required)

View Item View Item