ANALISIS PENGARUH VARIASI WAKTU MIXING DAN SINTERING LIMBAH ALUMINIUM DAN KACA TERHADAP SIFAT MEKANIS PADA MATERIAL METALURGI SERBUK

Nur, said (2023) ANALISIS PENGARUH VARIASI WAKTU MIXING DAN SINTERING LIMBAH ALUMINIUM DAN KACA TERHADAP SIFAT MEKANIS PADA MATERIAL METALURGI SERBUK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_F1C016071_NURSAID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Limbah merupakan salah satu permasalahan yang patut untuk diperhatikan. Limbah merupakan bagian yang tidak dapat terpisah dari kehidupan manusia. Semakin hari limbah semakin meningkat, baik itu di kalangan masyarakat umum maupun pabrik industri. Salah satu limbah yang sering kita jumpai adalah aluminium yang biasanya dihasilkan dari botol minuman kaleng, sisa pemotongan etalase dan lain-lain. Aluminium adalah salah satu jenis material yang banyak dibutuhkan dan digunakan dalam berbagai bidang seperti bidang penerbangan, konstruksi, dan otomotif. Aluminium mempunyai massa jenis rendah dibandingkan dengan baja, konduktivitas termal dan listrik yang tinggi, ulet dan tahan korosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekerasan dan kuat tekan benda dari bahan campuran aluminium dan kaca pada proses metalurgi serbuk. Penelitian dilakukan dengan memproduksi spesimen untuk diuji kekerasan dan kuat tekan. Pembuatan spesimen dilakukan melalui berbagai tahapan. Tahap pertama adalah membuat serbuk aluminium dan kaca hingga mencapai mesh 100, tahap berikutnya pencampuran serbuk (mixing) dengan variasi waktu 70 menit, 80 menit, dan 90 menit dengan komposisi aluminium 80 % dan kaca 20 %. Selanjutnya pencetakan spesimen dengan spesimen berat untuk uji kekerasan 5 gram, diameter 16 mm dan tinggi 10 mm, untuk uji kuat tekan 8 gram diameter 13 mm dan tinggi 25 mm, beban kompaksi 8000 Kg ditahan selama 8 menit, sedangkan spesimen uji kuat tekan berat. Setelah spesimen berhasil di produksi, kemudian dilakukan pengujian kekerasan dan uji kuat tekan. Hasil yang didapatkan adalah nilai kekerasan tertinggi ditunjukkan oleh spesimen dengan variasi waktu mixing dan waktu sintering 90 menit sebesar 34 HRF, sedangkan nilai terendah di tunjukan pada spesimen waktu mixing dan waktu sintering 70 menit sebasar 27 HRF. Dan nilai uji kuat tekan nilai tertinggi di tunjukan pada spesimen waktu mixing dan waktu sintering 90 menit sebesar 7,6 KN, sedangkan nilai terendah di tunjukan pada spesimen waktu mixing dan waktu sintering 70 menit sebesar 3,3 KN. Untuk uji kekerasan menggunakan anova dua arah menunjukan bahwa Fhitung>Ftabel yaitu Fhitung sebesar 8,328 dan Ftabel sebesar 3,554, sedangkan untuk uji kuat tekan Fhitung>Ftabel yaitu Fhitung sebesar 6,581 dan Ftabel sebesar 3,554.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aluminium, Kaca, Metalurgi Serbuk, dan anova dua arah
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:42
Last Modified: 25 Jul 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41660

Actions (login required)

View Item View Item