PENGARUH KOMPOSISI CAMPURAN MORTAR MEMADAT SENDIRI (SELF-COMPACTING MORTAR) TERHADAP KUAT TEKAN PREPLACED AGGREGATE CONCRETE (PAC) The Effect of Self-compacting mortar Mixture Composition on The Compressive Strength of Preplaced Aggregate Concrete (PAC)

LAELI, APRILIA (2023) PENGARUH KOMPOSISI CAMPURAN MORTAR MEMADAT SENDIRI (SELF-COMPACTING MORTAR) TERHADAP KUAT TEKAN PREPLACED AGGREGATE CONCRETE (PAC) The Effect of Self-compacting mortar Mixture Composition on The Compressive Strength of Preplaced Aggregate Concrete (PAC). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA-LAELI APRILIA-F1A019083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
ARTIKEL ILMIAH-LAELI APRILIA-F1A019083.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan pembangunan dengan menggunakan beton banyak sekali dijumpai terjadinya kerusakan, kerusakan yang umum terjadi yaitu beton keropos seperti adanya cracks (retakan), voids (rongga), dan korosi yang terjadi pada tulangan. Struktur beton dengan bagian-bagian yang kurang sempurna tentunya tidak dapat diterima karena tidak memenuhi spesifikasi persyaratan kekuatan, sehingga diperlukan solusi perbaikan untuk kerusakan beton ini. Salah satu solusi untuk memperbaiki beton keropos adalah preplaced aggregate concrete (PAC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui flowabilitas self-compacting mortar (SCM) dengan beberapa variasi semen:pasir dan menganalisis pengaruh komposisi campuran self-compacting mortar (SCM) dengan metode grouting gravitasi terhadap kuat tekan PAC. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Pada penelitian ini digunakan lima variasi semen:pasir yaitu 2, 1,33, 1, 0,8, dan 0,67. Faktor air semen (FAS) yang digunakan adalah 0,45, ukuran agregat kasar 38 mm dan superplasticizer 1%. Metode grouting yang digunakan yaitu metode gravitasi. Pengujian mortar segar dilakukan dengan uji flow cone dan mini slump flow. Pengujian benda uji mortar menggunakan kubus berukuran 5 cm x 5 cm x 5 cm, dan benda uji PAC menggunakan kubus berukuran 15 cm x 15 cm x 15 cm pada umur 28 hari dengan kuat tekan rencana 30 MPa. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variasi semen:pasir 2, 1,33, 1, dan 0,8 memenuhi spesifikasi flowabilitas berdasarkan EFNARC dan ASTM:C939.Variasi semen:pasir pada campuran PAC memenuhi kuat tekan rencana yaitu sebesar 30 MPa, dimana kuat tekan mortar memadat sendiri (self-compacting mortar) dan preplaced aggregate concrete (PAC) tertinggi terdapat pada variasi semen:pasir 2 sebesar 66,00 MPa dan 43,959 MPa. Hasil pengujian kuat tekan pada peningkatan persentase mortar sebesar 6% dan persentase peningkatan PAC sebesar 29%.Proporsi semen:pasir yang di sarankan sebagai bahan grout PAC dengan menggunakan metode gravitasi yaitu variasi semen:pasir 2, 1,33, 1, dan 0,8.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Self-compacting mortar, preplaced aggregate concrete, flowabilitas, grouting gravitasi dan kuat tekan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:42
Last Modified: 25 Jul 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41667

Actions (login required)

View Item View Item