ANALISIS KAJIAN HIDROLIKA SALURAN IRIGASI BENDUNGAN MENINTING WEST DIVERSION CANAL (WDC) DI KABUPATEN LOMBOK BARAT Analysis of the Hydraulics Study of the Meninting West Diversion Canal (WDC) Irrigation Canal in West Lombok Regency

LALU AZIZUL, KIFLI (2023) ANALISIS KAJIAN HIDROLIKA SALURAN IRIGASI BENDUNGAN MENINTING WEST DIVERSION CANAL (WDC) DI KABUPATEN LOMBOK BARAT Analysis of the Hydraulics Study of the Meninting West Diversion Canal (WDC) Irrigation Canal in West Lombok Regency. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PDF Tugas Akhir Lalu Azizul Kifli (F1A116026).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
PDF Artikel Ilmiah Lalu Azizul Kifli (F1A116026) - Copy.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Air merupakan sumber daya alam yang penting untuk kehidupan manusia, oleh karena itu sudah layaknya sumber daya alam tersebut dimanfaatkan semaksimal mungkin, sehingga potensi yang ada di dalamnya tidak terbuang sia-sia. Salah satu sumber daya alam tersebut (air) yang ada di Sungai Meninting yang memiliki kelebihan air sehingga dimanfaatkan untuk kebutuhan irigasi di daerah Lombok bagian selatan yang mengalami kekurangan air melalui sistem HLD sehingga diperlukan prasarana bangunan air yaitu saluran West Diversion Canal dimana saluran ini yang membawa kelebihan air dari Sungai Meninting untuk menambah keandalan ketersediaan air di Sungai Jangkok, untuk dialokasikan ke Lombok bagian selatan. Penelitian ini dilakukan untuk merencanakan saluran West Diversion Canal, menghitung debit pengaliran, menghitung kecepatan aliran dan mengitung tinggi jagaan saluran. Penelitian ini menggunakan data seperti data hidroklimatologi, data topografi, lay out WDC dan skema HLD. Hasil dari penelitian ini direncanakan saluran West Diversion Canal dengan dua dimensi penampang saluran yaitu saluran tertutup dari beton bertulang berbentuk kotak yang direncanakan pada daerah dengan kemiringan curam dan berpasir dan saluran terbuka berbentuk trapesium yang direncanakan pada daerah dengan kemiringan landai. Untuk saluran persegi didapatkan hasil-hasil hidraulis saluran yaitu : tinggi air (h) = 0,97 m, penampang basah saluran (A) = 1,46 m2 , keliling basah saluran (P) = 3,45 m, jari-jari hidraulis (R) = 0,42 m, kecepatan aliran (V) = 0,69 m/det, dan tinggi jagaan saluran (w) = 0,325 m. Sedangkan untuk saluran trapesium hasil tinggi air (h) = 0,80 m, penampang basah saluran (A) = 1,43 m2 , keliling basah saluran (P) = 3,25 m, jarijari hidraulis (R) = 0,44 m, kecepatan aliran (V) = 0,70 m/det, tinggi jagaan saluran (w) = 0,305 m. Karakteristik aliran pada saluran berdasarkan bilangan Froude (Fr) yaitu termasuk aliran subkritik (Fr < 1,0) karena Fr = 0,223 untuk saluran trapesium dan Fr = 0,249 untuk saluran persegi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): West Diversion Canal, Hidraulis Saluran, Kemiringan Dasar Saluran, Dimensi Penampang Saluran.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:42
Last Modified: 25 Jul 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41668

Actions (login required)

View Item View Item