KEANEKARAGAMAN GULMA BERDAUN LEBAR DAN PREDIKSI KEHILANGAN HASIL TANAMAN KEDELAI (Glycine max L. Merrill.) AKIBAT KOMPETISINYA DI LAHAN KERING

Kurnia, Muliani (2023) KEANEKARAGAMAN GULMA BERDAUN LEBAR DAN PREDIKSI KEHILANGAN HASIL TANAMAN KEDELAI (Glycine max L. Merrill.) AKIBAT KOMPETISINYA DI LAHAN KERING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Kurnia Muliani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah Kurnia Muliani 2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan peneliti ini untuk mengetahui spesies gulma berdaun lebar yang berpengaruh terhadap kehilangan hasil tanaman kedelai, sehingga dalam usaha pengendaliannya dapat ditentukan skala prioritas, suatu spesies gulma harus segera dikendalikan. Penelitian dilakukan dengan metode deskrptif dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei. Pengamatan terhadap populasi dan pertumbuhan gulma serta tanaman kedelai, dilakukan pada lima petak sampel yang berukuran 1 m2 dan distribusinya ditentukan dengan random sampling. Parameter pengematan, jumlah spesies gulma berdaun lebar, jumlah populasi masing-masing spesies gulma petak-1 , jumlah populasi tanaman kedelai petak-1 , bobot biomas kering gulma, dan bobot biomas kering tanaman kedelai tanaman-1 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ditemukan 11 spesies gulma berdaun lebar pada tanaman kedelai, saat umur tanaman 20 – 35 HST. Empat spesies cukup dominan dengan nilai SDR ≥ 3,57 % - ≤ 5,73 %, dua spesies kurang dominan dengan nilai SDR ≥ 1,34% - ≤ 2,80 %, dan lima spesies tidak dominan namun selalu ditemukan dengan nilai SDR < 1,0 %. Daya saing dan dominansi terbobot gulma Amaranthus spp., S. nodiliflora L., Acalypha spp. dan A. conycoides L., lebih besar dibandingkan spesies gulma lainnya, sehingga keempat spesies gulma tersebut mampu menghilangkan hasil kedelai selama tumbuh tanaman masing-masing sebanyak 4,82 %, 3,90 %, 2,41 % dan 2,32 %. Gulma berdaun lebar Physalis angulate, Phillanthus niruri, H. Indicum, E. Soncifolia, Centella asiatica, Euphorbia hirta dan Portulaca oleraceae, keberadaannya pada tanaman kedelai tidak perlu dikendalikan karena kehilngan hasil tanaman kedelai akibat kompetisinya sangat rendah, yaitu kurang dari 1 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): hasil, gulma, keanekaragaman, populasi, spesies
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:42
Last Modified: 25 Jul 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41669

Actions (login required)

View Item View Item