ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS AIR DENGAN METODE UP FLOW MENGGUNAKAN BATU APUNG DAN PASIR SILIKA DI DESA GEGERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT Analysis of improving water quality with the up flow method using pumice and silica sand in Gegerung Village West Lombok Regency

Asi, ah (2023) ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS AIR DENGAN METODE UP FLOW MENGGUNAKAN BATU APUNG DAN PASIR SILIKA DI DESA GEGERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT Analysis of improving water quality with the up flow method using pumice and silica sand in Gegerung Village West Lombok Regency. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ASIAH (F1A016023) PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH ASIAH (F1A016023) PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberadaan air bersih perlu menjadi perhatian khusus di masyarakat, karena terdapat beberapa kasus di berbagai wilayah di Indonesia tentang keberadaan sumber air bersih atau siap pakai, salah satunya di wilayah Nusa Tenggara Barat tepatnya di Desa Gegerung, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Akibat dari pelaksanaan proyek pembangunan Bendungan Meninting yang terdapat di wilayah tersebut membuat aliran air sungai menjadi kuning, keruh dan pekat. Sehingga kondisi air tidak layak untuk dipakai. Sedangkan air sungai menjadi sumber air terbesar bagi masyarakat setempat, baik itu untuk mandi, mencuci pakaian atau alat-alat dapur dan lain-lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan studi literatur, perancangan dan eksperimental. Perancangan unit filtrasi menggunakan pipa PVC 4” yang di dalamnya terdapat media filter meliputi batu apung, zeolit, arang (karbon aktif), ijuk dan pasir silika. Pada penelitian ini terjadi pengolahan secara fisik yaitu proses pengolahan air tanpa adanya reaksi kimia atau biologi, tahapan pemisahan materi tersuspensi dari fase fluidanya dengan proses filtrasi up flow. Filtrasi up flow yaitu proses filtrasi dengan air mengalir secara vertikal dari bawah ke atas media filtrasi. Pengolahan filtrasi up flow bertujuan untuk menurunkan konsentrasi kekeruhan dan SiO4 Silikon Tetraherdral TiO2 Titanium Dioksida SINGKATAN NAMA BOD Biological Oxygen Demand BPS Badan Pusat Statistik COD Chemical Oxygen Demand DO Dissolved oxygen ES Effective Size FTU Formazin Turbidity Unit JTU Jackson Turbidity Unit MBAS Methylen Blue Active Surfactant mg/L Milligram/Liter Ml Mililiter NTB Nusa Tenggara Barat pH Power of Hydrogen RSF Rapid Sand Filter SNI Standar Nasional Indonesia SSF Slow Sand Filter TDS Total Dissolved Solid TSS Total Suspended Solid UC Uniformity Coefficient xvi Total Suspended Solid (TSS) serta untuk mengetahui perubahan konsentrasi Derajat Keasaman (pH) dan konsentrasi Oksigen Terlarut/Dissolved Oxygen (DO) pada sampel air hasil uji. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Variasi susunan media filtrasi yang menghasilkan kualitas air yang lebih baik di Desa Gegerung dicapai oleh variasi ke III (Batu apung 20 cm, zeolit 15 cm, arang 20 cm, ijuk 10 cm dan pasir silika 15 cm) dengan perolehan efektivitas penurunan konsentrasi kekeruhan mencapai 85,172 %, efektivitas penurunan konsentrasi TSS mencapai 96,563 %, konsentrasi pH = 6,48 dan konsentrasi DO = 3,77 mg/L.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Air Baku Sungai Meninting, Desa Gegerung, Filtrasi Up Flow, Kekeruhan, Pasir Silika, Total Suspended Solid (TSS).
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 05:51
Last Modified: 25 Jul 2023 05:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41678

Actions (login required)

View Item View Item