RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BAITULMAL “MASJID JALAN CAHAYA” BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE SERVICE ORIENTED ARCHITECTURE (SOA)

Sekarsari Bintang, Solehah (2023) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BAITULMAL “MASJID JALAN CAHAYA” BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE SERVICE ORIENTED ARCHITECTURE (SOA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA2_F1D018055_Sekarsari BS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_SEKAR SARI BS_F1D018055.pdf

Download (973kB) | Preview
[img]
Preview
Text
POSTER MASJID.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Selain sebagai pusat ibadah masjid juga dapat difungsikan sebagai tempat untuk melaksanakan ibadah muamalah yang bersifat sosial. Berdasarkan fungsi, maka tentu masjid memiliki agenda atau kegiatan amal yang diselenggarakan pada waktu tertentu. Sama halnya dengan sistem pengumpulan dana atau crowdfunding yang dijalankan Baitulmal “Masjid Jalan Cahaya”. Dalam pengaplikasiannya, informasi yang tersebar di sosial media belum terpusat pada satu platform, terjadi tumpang tindih antara unggahan program satu dengan yang lain, ini tentunya menjadi kendala dari pihak donatur untuk mengetahui program masjid yang sedang berjalan. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, penelitian ini membangun sebuah sistem informasi Baitulmal “Masjid Jalan Cahaya” berbasis website menggunakan framework Laravel yang diharapkan menjadi sarana bagi masjid dalam menyampaikan semua informasi tentang biaya atau dana yang diperlukan secara lebih luas, cepat, aman, real-time dan transparan. Dalam pengembangannya, sistem informasi Baitulmal “Masjid Jalan Cahaya” akan diintegrasikan dengan website masjid yang lainnya, seperti company profile masjid, Rumah Qur’an dan Baitul muamalah masjid, sehingga dibutuhkan pengembangan sistem secara berkesinambungan yang memudahkan masing-masing bidang untuk melakukan pertukaran data. Berangkat dari hal tersebut sistem informasi ini menerapkan metode pendekatan Service Oriented Architecture (SOA), dimana metode pendekatan ini mengembangkan perangkat lunak dengan menggunakan service. Dalam penelitian ini didapati 3 service utama yaitu service Amal, Laporan, dan Tags/Kategori. Serta service user untuk admin, pembayaran dan manajemen file yang menjadi tambahan pada website baitulmal. Untuk testing skalabilitas digunakan metode System Usability Testing yang mendapat hasil sebesar 87% dengan kategori Best Imaginable, mengindikasikan sistem ini memiliki kualitas yang baik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sistem informasi, Website, Masjid Jalan Cahaya, Baitulmal, SOA.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 05:51
Last Modified: 25 Jul 2023 05:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41679

Actions (login required)

View Item View Item