PENGEMBANGAN DIGITALISASI PEDAGANG KELILING BERBASIS MOBILE PADA STARTUP KAKI KEENAM MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING

Riski, Rismawan (2023) PENGEMBANGAN DIGITALISASI PEDAGANG KELILING BERBASIS MOBILE PADA STARTUP KAKI KEENAM MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Skripsi - Riski Rismawan - F1D018053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal - Riski Rismawan - F1D018053.pdf

Download (966kB) | Preview

Abstract

Penggunaan aplikasi pemesanan makanan daring merupakan salah satu proses digitalisasi untuk membantu kedai makanan dalam mendapatkan keuntungan tambahan. Layanan pesan-antar makanan juga digunakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Mayoritas pengguna juga merupakan Generasi Z (43%) dan milenial (39%). Dibuktikan dengan data dari Katadata.co.id bahwa Indonesia menempati posisi pertama dalam persentase penggunaan internet yang menggunakan aplikasi pesan-antar makanan tahun 2020. Penggunaan aplikasi pemesanan makanan secara online lebih diminati karena pengguna hanya perlu membuka aplikasi tersebut dan memesan makanan yang diinginkan. Akan tetapi penggunaan aplikasi pemesanan makanan melalui daring tidak dapat bermitra dengan pedagang keliling. Hingga kini, pedagang keliling tidak merasakan efek dari digitalisasi. Untuk meningkatkan keuntungan dan solusi dari masalah yang dialami oleh pembeli pedagang keliling, Sistem pemanggilan dan sistem tracking di harapkan dapat menjadi salah satu solusi dari masalah tersebut. Penelitian ini membangun aplikasi penjualan makanan keliling dengan memanfaatkan sistem tracking menggunakan GPS pada perangkat pedagang sehingga masyarakat yang ingin membeli produk pedagang keliling dapat melihat pedagang yang ada di sekitarnya, pedagang juga dapat menerima pesanan dari pembeli dan mengantarkan pesanan tersebut kepada pembeli. Aplikasi dibangun menggunakan kotlin yang terhubung dengan firebase sebagai database yang bersifat real time. Metode pengembangan sistem dalam pengembangan aplikasi penjualan makanan keliling ini adalah metode Extreme Programming (XP). Pengujian pada aplikasi ini menggunakan unit test, instrumentation test, dan user acceptance test. Hasilnya aplikasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan fungsionalitas masing – masing dan sesuai dengan user story yang diinginkan. Pengujian skalabilitas menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dengan hasil akhir sebesar 76,17%, adjective scale Good dan grade scale C, menandakan bahwa sistem memiliki kualitas yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pedagang keliling, Android, Extreme Programming, Kotlin, Firebase
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:01
Last Modified: 26 Jul 2023 04:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41682

Actions (login required)

View Item View Item