PENGARUH PEMANGKASAN CABANG DAN PERLAKUAN PUPUK DAUN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.)

Nougi Indra, Pratama (2023) PENGARUH PEMANGKASAN CABANG DAN PERLAKUAN PUPUK DAUN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Nougi_25 Juli 23.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel_Ilmiah_Nougi_Indra_Pratama-23.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh pemangkasan cabang dan jenis pupuk daun terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.). Satu percobaan lapang yang melibatkan tanaman cabai rawit varietas Dewata 43 telah dilaksanakan pada bulan Mei sampai September 2022 di Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Perlakuan yang diuji ada dua, pertama adalah pemangkasan dengan dua aras, yaitu tanpa pemangkasan, dan pemangkasan seluruh tunas air di bawah cabang dikotom. Perlakuan kedua adalah pemberian pupuk daun sebagai tambahan dari standar pemupukan tanaman cabai rawit di wilayah Gumantar. Pupuk daun memiliki tiga aras, yaitu: tanpa perlakuan pupuk daun, perlakuan pupuk MKP (mono kalim fosfat) dan perlakuan pupuk Kalsimat. Semua perlakuan diulang tiga kali dalam rancangan acak kelompok faktorial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara pemangkasan dan perlakuan pupuk daun pada parameter berat buah per tanaman dan berat buah per petak. Perlakuan pemangkasan yang dibarengi dengan aplikasi pupuk daun Kalsimat memberikan hasil yang terbaik. Sementara itu, perlakuan faktor tunggal pemangkasan dan pupuk daun berpengaruh terhadap parameter lainnya, seperti tinggi tanaman, jumlah daun, persentase bunga menjadi buah dan berat buah per tanaman. Untuk meningkatkan hasil tanaman cabai rawit varietas Dewata 43 maka perlu dilakukan pemangkasan cabang dan diberikan pupuk daun Kalsimat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): berat buah, cabang dikotom, dewata 43, mkp, kalsimat, pembentukan buah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:01
Last Modified: 26 Jul 2023 04:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41684

Actions (login required)

View Item View Item