RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN PENYIRAMAN OTOMATIS PADA TANAMAN BAWANG MERAH BERBASIS INTERNET OF THINGS

AYU, REZKI (2023) RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN PENYIRAMAN OTOMATIS PADA TANAMAN BAWANG MERAH BERBASIS INTERNET OF THINGS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Tugas Akhir - Ayu Rezki - F1D018008 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Tugas Akhir - Ayu Rezki - F1D018008.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Bawang merah merupakan salah satu komoditas sayuran yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Pemeliharaan tanaman bawang merah saat ini masih manual menggunakan tenaga manusia untuk proses membajak, memberi pupuk dan mengairi sawah, melihat level air pada tanaman serta menjaga tingkat kesuburan tanah. Kegiatan pengelolaan tanah ini berpotensi untuk kehilangan standar kerjanya karena dilakukan secara berulang oleh manusia, selain itu manusia pasti akan melakukan kesalahan sehingga pengolahan tanah menjadi tidak efektif dan efisien. Penggunaan teknologi irigasi yang tepat dalam proses budi daya tanaman merupakan salah satu cara untuk melakukan penghematan air di bidang pertanian. Salah satu contoh irigasi yang dapat diaplikasikan terhadap lahan pertanian adalah irigasi tetes. Untuk meningkatkan hasil panen yang optimal, tanaman harus tumbuh dengan baik, maka dari itu monitoring terhadap tanaman perlu dilakukan dan salah satunya adalah dengan melakukan monitoring pada kelembaban tanah, kelembaban udara, suhu udara dan intensitas cahaya. Salah satu inovasi teknologi informasi dan komunikasi dibidang pertanian adalah penggunaan Internet of Things. Dengan menggunakan Internet Of Things, hal itu bisa dilakukan untuk memantau kelembaban tanah yang menjadi media tanam pada tanaman hortikultura. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dirancang sebuah sistem monitoring tanaman bawang merah berbasis IoT yang dapat melakukan penyiraman secara otomatis. Pada penelitian ini menggunakan wemos D1 mini sebagai mikrokontroler, relay, sensor DHT11, sensor kelembaban tanah (soil moisture), dan sensor intensitas cahaya BH1750. Sistem monitoring tanaman bawang merah ini dibuatkan website sederhana dan menerapkan protokol MQTT.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Internet of Things, Bawang Merah, Sensor DHT11, Sensor BH1750, soil moisture, Wemos D1 mini, MQTT, Website.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Jul 2023 09:55
Last Modified: 25 Jul 2023 09:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41694

Actions (login required)

View Item View Item