EVALUASI NILAI EMP MKJI 1997 MENGGUNAKAN METODE TIME HEADWAY PADA SIMPANG EMPAT BERSINYAL TIGA FASE DAN EMPAT FASE (Studi kasus di Simpang Jl. Panca Usaha – Jl. Bung Hatta dan Simpang di Jl. Dr. Sujono – Jl. TGH Lopan Kota Mataram)

Maya, Nurfadillah (2023) EVALUASI NILAI EMP MKJI 1997 MENGGUNAKAN METODE TIME HEADWAY PADA SIMPANG EMPAT BERSINYAL TIGA FASE DAN EMPAT FASE (Studi kasus di Simpang Jl. Panca Usaha – Jl. Bung Hatta dan Simpang di Jl. Dr. Sujono – Jl. TGH Lopan Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR - MAYA NURFADILLAH - F1A019110.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH - MAYA NURFADILLAH - F1A019110.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Arus lalu lintas terdiri dari berbagai macam tipe kendaraan, maka diperlukan sebuah nilai konversi sehingga arus lalu lintas menjadi lebih tepat jika dinyatakan dalam jenis kendaraan standar, yaitu mobil penumpang, yang biasa disebut Satuan Mobil Penumpang (SMP) dan faktor konversi dari beragam jenis kendaraan tersebut menjadi mobil penumpang disebut Ekuivalensi Mobil Penumpang (EMP). Dalam menghitung kapasitas jalan di Indonesia, nilai EMP yang dipakai mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Pada penelitian ini, untuk menentukan nilai Ekuivalensi Mobil Penumpang (EMP) digunakan suatu metode yaitu metode time headway dengan pencatatan iringan pasangan kendaraan per waktu hijau. Nilai Time Headway didapatkan dari selisih waktu antara dua kendaraan yang beriringan melewati garis acuan yaitu garis berhenti (stop line) yang dihitung dari bumper depan kendaraan sampai bumper depan kendaraan dibelakangnya. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai EMP dengan menggunakan metode Time Headway pada sepeda motor (MC) untuk simpang tiga fase yang berada pada simpang bersinyal di Jl. Panca Usaha – Jl. Bung Hatta sebesar 0,57. Sedangkan hasil yang ada pada simpang empat fase yang berada pada simpang bersinyal di Jl. Dr. Sujono – Jl. TGH Lopan didapatkan EMP pada sepeda motor (MC) dan Kendaraan berat (HV) sebesar 0,34 dan 2,23. Terdapat perbedaan nilai EMP berdasarkan MKJI 1997 dan hasil perhitungan metode Time Headway untuk simpang bersinyal tipe terlindung sebesar EMP sepeda motor (MC) = 0,2 dan EMP kendaraan berat (HV) = 1,3. Perbedaan ini terjadi akibat perubahan kondisi di lapangan, seperti peningkatan jumlah kendaraan di lengan simpang, dan perubahan waktu hijau pada simpang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ekuivalensi Mobil Penumpang, Time Headway, Simpang Bersinyal
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:00
Last Modified: 26 Jul 2023 04:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41701

Actions (login required)

View Item View Item