ANALISIS KINERJA UP FLOW FILTER DALAM PENGOLAHAN AIR SUNGAI PADA DESA GEGERUNG, KABUPATEN LOMBOK BARAT Analysis of Up Flow Filter Performance in River Water Treatment in Gegerung Village, West Lombok Regency

Wijayanti, Kamelia (2023) ANALISIS KINERJA UP FLOW FILTER DALAM PENGOLAHAN AIR SUNGAI PADA DESA GEGERUNG, KABUPATEN LOMBOK BARAT Analysis of Up Flow Filter Performance in River Water Treatment in Gegerung Village, West Lombok Regency. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WIJAYANTI KAMELIA (F1A116052).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH WIJAYANTI KAMELIA (F1A116052).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemenuhan kebutuhan air harus memenuhi dua syarat yaitu dari segi kuantitas maupun kualitas. Masyarakat di Desa Gegerung Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat saat ini masih memanfaatkan air sungai yang belum memenuhi standar air bersih untuk keperluan sehari-hari karena pembangunan bendungan yang sedang berlangsung menyebabkan air sungai menjadi keruh dan kotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui debit air yang keluar serta menganalisis efektivitas penyaringan air. Metode penjernihan air yang digunakan adalah metode up flow filter menggunakan media pasir, kerikil, ijuk, arang kelapa dan zeolit. Pengujian menggunakan 3 variasi susunan media filter dengan total ketebalan masing-masing media filter 70 cm. Susunan 1 menggunakan campuran arang kelapa dan zeolit, susunan 2 tanpa zeolit dan susunan 3 tanpa arang kelapa. Parameter yang diuji adalah kekeruhan, TSS (Total Suspended Solid), pH dan DO (Dissolved Oxygen). Pengambilan sampel dilakukan pada menit ke30, menit ke-90 dan menit ke-150. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa air sungai di Desa Gegerung, Kabupaten Lombok Barat belum memenuhi standar air bersih di mana dari hasil pengujian di Laboratorium terdapat nilai kandungan air yang melewati batas nilai rujukan maksimal, syarat fisika yaitu kekeruhan 25 NTU, TTS 50 mg/L dan untuk syarat kimia adalah pH diantara 6,5 – 8,5 dan DO > 4. Dari hasil pengujian memperlihatkan adanya peningkatan kualitas air setelah dilakukan penyaringan dengan nilai sebelum dan sesudah penyaringan untuk parameter kekeruhan adalah 132,9 NTU menjadi 34,60 NTU; TSS: 145,5 mg/L menjadi 29,50 mg/L; pH: 6,09 menjadi 7,62 – 7,69 dan DO 7,06 menjadi 8,24 mg/L. Media zeolit mampu mengurangi kekeruhan dan TSS dengan signifikan tetapi meningkatkan pH dan DO pada air dengan penuruhan efektivitas kekeruhan adalah 73,97% dan TSS sebesar 79,73%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Air Sungai, Up Flow, Kekeruhan, TSS, Efektivitas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:00
Last Modified: 26 Jul 2023 04:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41706

Actions (login required)

View Item View Item