ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL KANTOR GOLKAR NTB DENGAN METODE MKJI 1997 DAN SOFTWARE PTV VISSIM

LALU PANDAWA, JAYA (2023) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL KANTOR GOLKAR NTB DENGAN METODE MKJI 1997 DAN SOFTWARE PTV VISSIM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALU PANDAWA JAYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (934kB) | Preview

Abstract

Persimpangan sebagai titik pertemuan beberapa ruas jalan yang berbeda dan terjadinya pertemuan kendaraan yang mengarah ke konflik lalulintas. Konflik lalulintas dengan kepadatan kendaraan yang tinggi dapat menyebabkan panjang antrian dan tundaan yang tinggi, hal ini terjadi pula pada simpang empat bersinyal Kantor Golkar NTB. Lingkungan sekitar simpang yang merupakan daerah komersial mengakibatkan tingginya aktifitas pada simpang tersebut. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis terhadap kinerja simpang pada kondisi eksisting dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan software VISSIM. Akan dilakukan pula perbandingan hasil analisis terhadap panjang antrian dan tundaan. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai untuk panjang antrian melalui metode MKJI 1997 untuk lengan Bung Karno (utara) sebesar 253,968 m, lengan Sriwijaya (timur) sebesar 242,424 m, lengan Bung Karno (selatan) sebesar 139,706 m, dan lengan Sriwijaya (barat) sebesar 207,792 m. Sedangkan hasil analisis panjang antrian dengan software VISSIM didapatkan untuk lengan Bung Karno (utara) sebesar 68,402 m, lengan Sriwijaya (timur) sebesar 66,393 m, lengan Bung Karno (selatan) sebesar 87,615 m, dan lengan Sriwijaya (barat) sebesar 79,985 m. Untuk hasil tundaan rata-rata simpang yang didapatkan melalui metode MKJI 1997 sebesar 248.811 det/smp sedangkan hasil tundaan rata-rata simpang yang didapatkan melalui software VISSIM sebesar 51,304 det/kendaraan. Perbedaan hasil analisis melalui MKJI 1997 dan software VISSIM ini disebabkan karena perbedaan satuan kendaraan yang digunakan. Pada MKJI 1997 menggunakan satuan mobil penumpang sedangkan pada software VISSIM menggunakan kendaraan. Hal tersebut menyebabkan terjadinya perbedaan proporsi atau dimensi kendaraan serta adanya perbedaan perkalian eqivalen (emp) untuk setiap jenis kendaraannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kinerja, MKJI 1997, Software VISSIM, Panjang antrian, Tundaan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:00
Last Modified: 26 Jul 2023 04:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41709

Actions (login required)

View Item View Item