RAKIT BANGUN DRONE QUADCOPTER UNTUK PEMANCING DI PANTAI LOANG BALOQ MENGGUNAKAN FLIGHT CONTROLLER KK2.1.5 DAN MOTOR SERVO (STUDI KASUS: PANTAI LOANG BALOQ)

DIKA ADRIAN, FARAZI (2023) RAKIT BANGUN DRONE QUADCOPTER UNTUK PEMANCING DI PANTAI LOANG BALOQ MENGGUNAKAN FLIGHT CONTROLLER KK2.1.5 DAN MOTOR SERVO (STUDI KASUS: PANTAI LOANG BALOQ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR_F1D018071_Dika Adrian Farazi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_F1D018071_Dika Adrian Farazi.pdf

Download (853kB) | Preview

Abstract

Loang Baloq merupakan tempat wisata lokal di kota Mataram yang sangat populer dikarenakan lokasinya yang berada di dekat kota sehingga masyarakat lokal tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berkunjung ke tempat wisata tersebut. Loang Baloq sendiri memiliki spot memancing yang menjadi tempat berkumpulnya para pemancing dari beragam latar belakang mulai dari pemancing yang karena hobby serta nelayan yang ingin mendapatkan hasil tangkapan dari laut. Namun beberapa pemancing mengalami kesusahan dalam melakukan casting dikarenakan kondisi geografis dan ombak disana terkadang cukup mengganggu kegiatan pemancing. Terdapat beberapa pemancing yang nekat hingga berjalan hingga ke dalam laut agar kail yang dilempar bisa menjangkau tempat yang cukup jauh demi mendapatkan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu penulis merancang suatu inovasi drone yang dapat membantu memudahkan para pemancing agar dapat melakukan casting atau menempatkan kail ke tempat yang lebih jauh. Drone yang dibangun merupakan drone quadcopter dengan menggunakan flight controller kk2.1.5 dan dilengkapi dengan motor servo yang dirancang khusus untuk mengangkut dan melepas kail pancing. Penelitian ini dilakukan untuk menguji fungsionalitas drone guna memastikan bahwa drone dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa drone dan drop mekanisme yang dirakit berfungsi dengan baik, dimana drop mekanisme mampu membawa dan melepas objek sesuai dengan target yang ditentukan. Namun untuk pengujian masih dilakukan di lapangan dikarenakan drone yang di rakit masih dalam bentuk prototype dan memiliki kekurangan dalam melihat indikator baterai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Drone, Quadcopter, Motor Servo, Pemancing, Loang Baloq
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:00
Last Modified: 26 Jul 2023 04:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41710

Actions (login required)

View Item View Item