PERTUMBUHAN DAN HASIL RATUN PERTAMA TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench ) DENGAN SATU, DUA, ATAU TIGA TANAMAN PER RUMPUN

Desi, Purwati (2023) PERTUMBUHAN DAN HASIL RATUN PERTAMA TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench ) DENGAN SATU, DUA, ATAU TIGA TANAMAN PER RUMPUN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengevaluasi pertumbuhan dan hasil ratun pertama tanaman sorgum (Sorghum bicolor (L.) Moench) dengan satu, dua, atau tiga tanaman per rumpun. Percobaan dilaksanakan pada lahan yang terletak di Dusun Papak, Desa Segara Katon, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara pada bulan September 2022 sampai Januari 2023. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAK) Faktorial dengan dua factor yaitu varietas (Bioguma, Numbu, Pahat, Samurai, dan Super 1) dan jumlah ratun per rumpun (1, 2, dan 3 ratun per rumpun). Percobaan dilakukan dengan 15 kombinasi perlakuan dan diulang sebanyak 3 kali sehingga terdapat 45 unit percobaan. Data dianalisis dengan Analysis of Variance (ANOVA) dan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas memberikan pengaruh nyata pada semua parameter pengamatan. Varietas Bioguma dan Numbu memberikan hasil tertinggi masing-masing 5,8 t/ha dan 5,4 t/ha. Perlakuan jumlah ratun per rumpun tidak berpengaruh nyata pada parameter jumlah daun dan umur berbunga, namun berpengaruh nyata pada parameter lain. Kepadatan 3 ratun per rumpun memberikan hasil tertinggi (5,9 t/ha). Kombinasi antara varietas dan jumlah ratun per rumpun berpengaruh nyata pada parameter tinggi tanaman, diameter batang, umur berbunga, berat berangkasan kering, dan jumlah biji.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ratun sorgum, varietas sorgum, jumlah ratun per rumpun
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:59
Last Modified: 26 Jul 2023 03:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41718

Actions (login required)

View Item View Item