PERAN DAN STRATEGI TNI AL DALAM PENGAMANAN ALUR LAUT KEPULAUAN INDONESIA II (ALKI II) MELALUI OPERASI MILITER SELAIN PERANG (OMSP)

BAIQ NINDY ANIDIA, AGUSTINA (2023) PERAN DAN STRATEGI TNI AL DALAM PENGAMANAN ALUR LAUT KEPULAUAN INDONESIA II (ALKI II) MELALUI OPERASI MILITER SELAIN PERANG (OMSP). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ NINDY ANIDIA (L1A019023).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi Baiq Nindy Anidia.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran dan strategi TNI AL dalam mengamankan Alur Laut Kepulauan Indonesia II (ALKI II) dengan melalui Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Peran dan strategi TNI AL menjadi penting mengingat banyaknya ancaman dan pelanggaran yang terjadi di ALKI II berupa ancaman tradisional ataupun non tradisional. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan sea power theory serta didukung oleh dua konsep yakni konsep keamanan maritim dan konsep strategi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, data dalam penelitian ini bersumber dari data primer yang didapatkan dari hasil wawancara dan data sekunder dari buku, jurnal, berita, serta berbagai literatur yang dianggap kredibel dan relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa peran dan strategi TNI AL dirancang melalui tiga aspek berupa tujuan, cara dan sumber daya yang digunakan. Tujuan pengamanan ALKI II yakni untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara, tujuan ini dicapai melalui berbagai operasi berdasarkan pada kondisi lingkungan strategis, adapun operasi dapat berjalan dengan didukung oleh sumber daya yang ada berupa sea power yang dimiliki dan peningkatan dalam berbagai aspek untuk mencapai gagasan world class navy. Peran dan strategi yang dijalankan TNI AL tersebut cukup efisien dalam menjaga keamanan maritim karena tingkat ancaman yang terjadi di ALKI II mulai berkurang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): TNI AL, ALKI II, OMSP, World Class Navy
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:59
Last Modified: 26 Jul 2023 03:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41721

Actions (login required)

View Item View Item