UJI DAYA HASIL BEBERAPA VARIETAS SORGUM (Sorghum bicolor L.) YANG DITUMPANGSARIKAN DENGAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) LOKAL LOMBOK UTARA

Nurha, lida (2023) UJI DAYA HASIL BEBERAPA VARIETAS SORGUM (Sorghum bicolor L.) YANG DITUMPANGSARIKAN DENGAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) LOKAL LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NURHALIDA (C1M019109)-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL NURHALIDA C1M019109.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji daya hasil beberapa varietas sorgum, heritabilitas, korelasi antara hasil sorgum dengan karakter kuantitatif yang lainnya pada tumpangsari dengan kacang tanah. Percobaan dilaksanakan pada lahan yang terletak di Dusun Papak, Desa Segara Katon, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara pada bulan Juni 2022 sampai Oktober 2022. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial yang diatur secara split plot dengan petak utama adalah pola tanam (monokultur, tumpangsari) dan anak petak terdiri dari varietas sorgum (Bioguma, Numbu, Pahat, Samurai, Super Agritan). Percobaan dilakukan dengan 10 kombinasi perlakuan dan diulang sebanyak 3 kali sehingga terdapat 30 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan pola tanam memberikan pengaruh nyata terhadap diameter batang, bobot berangkasan kering, bobot malai, bobot biji dan hasil sorgum. Varietas sorgum yang ditumpangsarikan dengan kacang tanah memberikan pengaruh yang nyata pada hampir semua parameter pengamatan, kecuali pada parameter lebar daun. Kombinasi pola tanam dan beberapa varietas sorgum memberikan pengaruh nyata terhadap sudut daun, panjang daun, bobot berangkasan kering, panjang malai, bobot malai, bobot biji, bobot 1000 biji, jumlah biji per rumpun dan hasil sorgum. Nilai heritabilitas tinggi tanaman, sudut daun, panjang daun, panjang malai, bobot malai, bobot biji, bobot 1000 biji, jumlah biji, bobot berangkasan kering dan hasil sorgum tergolong tinggi. Nilai koefisien korelasi yang berpengaruh terhadap hasil sorgum yaitu diameter batang, bobot malai, jumlah biji dan bobot berangkasan kering.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): uji daya hasil, sorgum, tumpangsari, kacang tanah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:58
Last Modified: 26 Jul 2023 03:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41727

Actions (login required)

View Item View Item