PENGARUH TUMPANGSARI DENGAN BERBAGAI VARIETAS KACANG HIJAU DAN PEMBERIAN PUPUK PETROGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI BERAS HITAM (Oryza sativa L.)

Husnul, Arafat (2023) PENGARUH TUMPANGSARI DENGAN BERBAGAI VARIETAS KACANG HIJAU DAN PEMBERIAN PUPUK PETROGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI BERAS HITAM (Oryza sativa L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Husnul Arafat (C1M018053).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Husnul Arafat (C1M018053).pdf

Download (751kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tumpangsari dengan beberapa varietas kacang hijau dan pemberian pupuk Petroganik terhadap pertumbuhan dan hasil padi beras hitam. Percobaan dilaksanakan pada bulan Agustus-November 2021 di rumah plastik, Dusun Dasan Tebu, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor perlakuan yaitu faktor pupuk yang terdiri atas tanpa pupuk Petroganik (P0) dan pupuk Petroganik (P1), serta faktor tumpangsari dengan varietas kacang hijau yang terdiri atas monokrop (T0), tumpangsari dengan varietas Kenari (T1), varietas VIMA-4 (T2), varietas VIMA-3 (T3), dan varietas VIMA-1 (T4). Masing-masing kombinasi perlakuan diulang tiga (3) kali. Analisis data dengan analisis keragaman (ANOVA) dan Tukey’s HSD pada taraf nyata 5% dilakukan dengan menggunakan program CoStat for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan pupuk Petroganik berpengaruh nyata dalam meningkatkan hampir semua variabel pertumbuhan dan hasil padi beras hitam, sedangkan tumpangsari dengan kacang 2 hijau hanya signifikan meningkatkan tinggi tanaman (63 HST), laju pertumbuhan tinggi tanaman dan hasil gabah. Berdasarkan pengaruh interaksi faktor perlakuan, hasil gabah tertinggi diperoleh pada padi beras hitam yang diberi pupuk Petroganik dan ditumpangsarikan dengan kacang hijau varietas Vima-3 (P1T3), dengan rata-rata hasil gabah kering 47,20 g/rumpun (setara dengan 9,44 ton/ha)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Padi Beras Hitam; Petroganik; Tumpangsari; Varietas Kacang Hijau
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:58
Last Modified: 26 Jul 2023 03:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41729

Actions (login required)

View Item View Item