MODEL PENANGANAN DAMPAK LINGKUNGAN AKIBAT PERTAMBANGAN GALIAN BATUAN (Studi Kasus di Desa Bagik Payung Timur Kecamatan Suralaga)

ELVA, APRILYAN (2023) MODEL PENANGANAN DAMPAK LINGKUNGAN AKIBAT PERTAMBANGAN GALIAN BATUAN (Studi Kasus di Desa Bagik Payung Timur Kecamatan Suralaga). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Elva Aprilyan_D1A019168.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Elva Aprilyan_D1A019168.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Model Penanganan Dampak Lingkungan Akibat Pertambangan Galian Batuan (Studi Kasus di Desa Bagik Payung Timur, Kecamatan Suralaga)”. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab dua permasalahan yaitu pengaturan terkait reklamasi pasctambang terhadap lahan bekas pertambangan batuan/galian C di Desa Bagik Payung Timur, Kecamatan Suralaga, dan kendala dan upaya dalam penanganan dampak lingkungan akibat pertambangan Batuan/galian C oleh pemerintah dan pengusaha pertambangan di Desa Bagik Payung Timur Kecamatan Suralaga. Jenis penelitian ini adalah penelitian normatif empiris dengan metode pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Simpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa pengaturan Pelaksanaan reklamasi yang diatur dalam UU No 3 Tahun 2020 atas perubahan atas UU No 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara serta di atur dalam peraturan pemerintah No 78 Tahun 2010 tentang Reklamasi dan Pascatamabang, dalam penerapan sudah sesuai dengan pelaksanaan reklamasi yang ada di Desa Bagik Payung Timur, sebagian lokasi lahan bekas pertambangan Galian C di Desa Bagik Payung Timur telah dilakukan upaya pemulihan lahan pascatambang, meski dengan cara sederhana. Dengan kata lain lahan bekas tambang tidak dibiarkan begitu saja tanpa adanya reklamasi atau pemulihan terhadap lahan bekas tambang tersebut. Kendala yang dihadapi yakni masih kurangnya pengawasaan dan pemantauan dari pihak pemerintahan untuk penanganan dampak lingkungan yang terjadi, besarnya biaya reklamasi, kurangnya kesadaran masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menjaga lingkungan di Desa Bagik Payung Timur.Upaya yang dilakukan dalam penanganan dampak lingkungan yakni upaya preventif dan represif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pertambangan, Peraturan, Penanganan, Reklamasi, Upaya, Kendala.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:58
Last Modified: 26 Jul 2023 03:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41732

Actions (login required)

View Item View Item