EFEKTIVITAS PENGGUNAAN NUTRISI DAN SUMBU ORGANIK PADA TANAMAN KANGKUNG DARAT (Ipomoea reptansPOIR) YANG DIBUDIDAYAKAN DENGAN SISTEM HIDROPONIK WICK

Muhammad Firman, Azhari (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN NUTRISI DAN SUMBU ORGANIK PADA TANAMAN KANGKUNG DARAT (Ipomoea reptansPOIR) YANG DIBUDIDAYAKAN DENGAN SISTEM HIDROPONIK WICK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Muhammad Firman Azhari_C1M016117.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel_Muhammad_Firman_Azhari.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan nutrisi dan sumbu organik pada tanaman kangkung darat (Ipomea reptans Poir) yang ditanam dengan sistem hidroponik wick sebagai alternatif untuk mengurangi penggunaan bahan anorganik. Percobaan ini telah dilakukan di lahan pekarangan yang berlokasi di Rembiga, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Percobaan ini dilakukan dari bulan November 2020 sampai Januari 2021. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri atas 2 faktor; jenis nutrisi dan jenis sumbu. Jenis nutrisi (N), terdidri atas tiga aras yaitu AB Mix 100% (n1), AB Mix 50% + Nutrisi Organik 50% (n2) dan Nutrisi Organik (Campuran limbah rumah tangga) 100 % (n3). Jenis sumbu (S) terdiri dari dua aras yaitu kain flanel (s1) dan sabut kelapa (s2). Data hasil percobaan dianalisis menggunakan Analysis of Variance (Anova) pada taraf nyata 5%. Data pada parameter yang berpengaruh nyata diuji lanjut dengan menggunakan uji BNT dan DMRT pada taraf nyata 5%. Hasil interaksi perlakuan berpengaruh nyata terhadap beberapa parameter diantaranya adalah Jumlah daun 21 HST, Berat segar tanaman dan Root to Shoot ratio.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ipomoea reptans Poir, Kangkung darat, Hidroponik
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:58
Last Modified: 26 Jul 2023 03:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41733

Actions (login required)

View Item View Item