KLASIFIKASI EMOSI TOKOH MAGI DIELA DALAM NOVEL PEREMPUAN YANG MENANGIS KEPADA BULAN HITAM KARYA DIAN PURNOMO: KAJIAN PSIKOANALISIS DAVID KRECH

VEDHA, ROHWIDYARTI (2023) KLASIFIKASI EMOSI TOKOH MAGI DIELA DALAM NOVEL PEREMPUAN YANG MENANGIS KEPADA BULAN HITAM KARYA DIAN PURNOMO: KAJIAN PSIKOANALISIS DAVID KRECH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI VEDHA ROHWIDYARTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img]
Preview
Text
Artikel Vedha Rohwidyarti E1C016098.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimanakah klasifikasi emosi tokoh Magi Diela dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo: kajian psikoanalisis David Krech. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan klasifikasi emosi tokoh Magi Diela dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo: kajian psikoanalisis David Krech. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan data-data tertulis yang diperoleh dari hasil pengamatan dan analisis tokoh Magi Diela dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo yang mengandung klasifikasi emosi perspektif David Krech. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo yang diterbitkan pada tahun 2022. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan studi pustaka dan teknik baca catat. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi, mengklasifikasi, menganalisis, dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat tujuh klasifikasi emosi perspektif David Krech pada tokoh Magi Diela pada novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Klasifikasi Emosi tersebut yaitu konsep rasa bersalah, rasa bersalah yang dipendam, menghukum diri sendiri, rasa malu, kesedihan, kebencian, dan cinta. Klasifikasi emosi yang dominan pada tokoh Magi Diela adalah emosi kebencian, sedangkan emosi yang lemah pada tokoh Magi Diela adalah emosi cinta. penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pikiran tentang teori-teori psikologi sastra pada umumnya, serta klasifikasi emosi pada khususnya berdasarkan perspektif David Krech.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): klasifikasi emosi, tokoh, novel.
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:57
Last Modified: 26 Jul 2023 03:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41747

Actions (login required)

View Item View Item