POLA INTERAKSI SOSIAL KERJA SAMA MENAK SASAK DENGAN JAJAR KARANG DESA BONJERUK KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

SUPAR, DI (2023) POLA INTERAKSI SOSIAL KERJA SAMA MENAK SASAK DENGAN JAJAR KARANG DESA BONJERUK KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUPARDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
jurnal supardi.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan pola interaksi sosial kerja sama menak Sasak Desa Bonjeruk dengan jajar karang, 2) Mendeskripsikan faktor yang mendukung pola interaksi sosial kerja sama menak Sasak Desa Bonjeruk dengan jajar karang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber data penelitian ini adalah Terep sebagai subjek 1 penelitian, Lalu Audia Rahman sebagai subjek 2 penelitiam dan Sawaas sebagai informan. Untuk mengumpulkan data penelitian ini digunakan teknik wawancara observasi dan dokemntasi sedangkan teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pola interaksi sosial kerja sama antara masyarakat Menak dan masyarakat Jajar Karang yang ada di desa Bonjeruk adalah pola interaksi tradisional atau gotong royong yang bersifat asosiatif, 2) Faktor yang mendukung pola interaksi sosial kerja sama menak dengan jajar karang adalah faktor tradisional yang sudah merupakan warisan istiadat turun temurun, faktor rasionalitas instrumental yang ditunjukan melalui hubungan yang saling menguntungkan dan faktor rasionalitas nilai yang ditunjukan melalui hubungan kerja sama yang masih bertahan karena masih terpeliharanya hubungan saling hormat menghormati satu sama lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola kerja sama, menak, jajar karang
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:56
Last Modified: 26 Jul 2023 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41748

Actions (login required)

View Item View Item