RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) PADA KOMBINASI PERLAKUAN BEBERAPA DOSIS PUPUK KASCING DAN MEDIA TANAM ARANG SEKAM

Indah, Aprilia (2023) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) PADA KOMBINASI PERLAKUAN BEBERAPA DOSIS PUPUK KASCING DAN MEDIA TANAM ARANG SEKAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INDAH APRILIA C1M019057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Indah Aprilia.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara dosis pupuk kascing dan media tanam arang sekam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada (Lactuca sativa L.), mengetahui pengaruh berbagai dosis pupuk kascing pada pertumbuhan dan hasil tanaman selada (Lactuca sativa L.), mengetahui pengaruh beberapa media tanam arang sekam pada pertumbuhan dan hasil tanaman selada (Lactuca sativa L.). Percobaan ini telah dilaksanakan mulai dari bulan Desember 2022 sampai dengan bulan Januari 2023, di Green House Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) 2 faktorial dengan perlakuan pupuk kascing 0 ton/Ha (0 ton/polybag), 5 ton/Ha (20g/polybag), 10 ton/Ha (40g/polybag), 15 ton/Ha (60g/polybag) dan 20 ton/Ha (80g/polybag) dan faktor sekam yaitu dengan sekam dan tanpa sekam, didapati 10 kombinasi perlakuan, masingmasing perlakuan diulang sembanyak lima kali. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan dosis pupuk kascing yang dikombinasikan dengan media tanam arang sekam menunjukan interaksi pada parameter diameter batang usia 7-14 HST, perlakuan dosis pupuk kascing memberikan pengaruh yang signifikan pada parameter tinggi tanaman usia 21 dan 28 HST, diameter batang usia 21 HST, jumlah daun usia 21 dan 28 HST, bobot segar tanaman dan bobot segar layak konsumsi, perlakuan arang sekam memberikan pengaruh yang signifikan pada parameter tinggi tanaman usia 35 HST.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pupuk organik, media tanam, vermicompost
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:35
Last Modified: 26 Jul 2023 07:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41762

Actions (login required)

View Item View Item