PERLINDUNGAN HUKUM BAGI TENAGA KESEHATAN DARI PASIEN SAAT BERADA DI RUMAH SAKIT SELAMA PANDEMI COVID-19 ( Studi Di RSUD Dr. R. Soedjono Selong Lombok Timur)

Daffa, Saputra (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI TENAGA KESEHATAN DARI PASIEN SAAT BERADA DI RUMAH SAKIT SELAMA PANDEMI COVID-19 ( Studi Di RSUD Dr. R. Soedjono Selong Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DAFFA SAPUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL DAFFA.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perlindungan hukum bagi tenaga kesehatan dari pasien saat berada di rumah sakit selama pandemi Covid19 di RSUD Dr. R. Soedjono Selong Lombok Timur. Jenis penelitian dalam penulisan ini adalah penelitian hukum empiris. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa pelaksanaan perlindungan hukum bagi tenaga kesehatan dari pasien saat berada di rumah sakit selama pandemi Covid-19 di RSUD Dr. R. Soedjono Selong Lombok Timur dilakukan dengan mengupayakan dengan maksimal terpenuhinya alat pelindung diri (APD) seperti masker N95, sarung tangan medis, baju pelindung, face shield, dan hand sanitizer bagi seluruh tenaga kesehatan. Akan tetapi akibat dari terjadinya kelangkaan-kelangkaan alat pelindung diri (APD) seperti masker medis dan hand sanitizer menyebabkan pelaksanaan perlindungan bagi tenaga kesehatan masih kurang maksimal yang dibuktikan dengan terdapat 5 orang tenaga kesehatan yang terinfeksi virus Covid-19. Hambatan-hambatan yang dialami oleh RSUD Dr. R. Soedjono Selong Lombok Timur dalam memberikan perlindungan hukum bagi tenaga kesehatan dari pasien saat berada di rumah sakit selama pandemi Covid-19 berdasarkan hasil wawancara dengan Direktur RSUD Dr. R. Soedjono Selong dibagi dibagi menjadi dua hambatan yakni hambatan internal dan hambatan eksternal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Hukum, Tenaga Kesehatan, Rumah Sakit, Pandemic Covid-19.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:35
Last Modified: 26 Jul 2023 07:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41764

Actions (login required)

View Item View Item