ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN APLIKASI PTV VISSIM (Studi Kasus: Simpang Empat Desa Bengkel, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat) ANALYSIS UNSIGNALIZED INTERSECTION PERFORMANCE BY USING PTV VISSIM APPLICATION (Case Study: Bengkel’s Junction Village, Labuapi District, West Lombok Regency)

KOMANG DAMAR, ASENA (2023) ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN APLIKASI PTV VISSIM (Studi Kasus: Simpang Empat Desa Bengkel, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat) ANALYSIS UNSIGNALIZED INTERSECTION PERFORMANCE BY USING PTV VISSIM APPLICATION (Case Study: Bengkel’s Junction Village, Labuapi District, West Lombok Regency). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Komang Damarasena_F1A019081.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
Artikel_Komang Damarasena_F1A019081.pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya jumlah penduduk menimbulkan jumlah kendaraan yang beroperasi cukup besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pergerakan kendaraan yang besar ini merupakan salah satu penyebab terjadinya kemacetan lalu lintas. Pada Simpang Tak Bersinyal Bengkel mempunyai traffict light namun tidak berfungsi yang membuat keunikan simpang ini perlu diteliti. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kinerja pada simpang saat kondisi eksisting dan memberikan alternatif untuk peningkatan kinerja Simpang Tak Bersinyal Bengkel. Dalam penelitian ini melakukan survey langsung di lapangan. Data yang diambil dari geometrik jalan, kecepatan kendaraan dan data volume kendaraan. Aplikasi PTV VISSIM student version digunakan untuk memodelkan dan menganalisis Simpang Tak Bersinyal Bengkel. Hasil analisis menunjukan pada kondisi eksisting Simpang Tak Bersinyal bengkel tingkat pelayanannya E sesuai dengan standar PM No.96 Tahun 2015. Hal ini dibuktikan dengan nilai tundaan (D) rata-rata 53,905 detik/kend, panjang antrian (QL) rata-rata 39,134 meter, emisi karbon monoksida (CO) rata-rata 161,956 gram, dan konsumsi bensin rata-rata 8,765 liter. Maka dari itu dibuat 4 alternatif yaitu alternatif 1 perencanaan 4 fase, alternatif 2 perencanaan 3 fase, alternatif 3 perencanaan 2 fase, dan alternatif 4 pelebaran jalan tanpa APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas). Dari 4 alternatif tersebut alternatif pelebaran jalan tanpa APILL yang terbaik dengan tingkat pelayanan D sesuai dengan standar PM No.96 Tahun 2015, dengan nilai tundaan (D) rata-rata 29,912 detik/kend, panjang antrian (QL) rata-rata 12,767 m, emisi karbon monoksida (CO) ratarata 125,596 gram dan konsumsi bensin rata-rata 6,801 liter dengan kelemahan konflik areanya lebih besar daripada kondisi eksisting.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Simpang Tak Bersinyal, Kinerja Simpang, Alternatif, Analisis, PTV VISSIM.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:35
Last Modified: 26 Jul 2023 07:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41768

Actions (login required)

View Item View Item